Pengembangan Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Self-Management dengan Komik Strip untuk Mengalihkan Nomophobia Siswa SMP N 16 Yogyakarta

Faizatun Milianti Fajriyah, Agus Ria Kumara

Abstract


Dizaman modern ini kebanyakan siswa yang menggunakan smartphone siswa menggunakan smartphone dengan leluasa tapa mengetahui dampak yang dirasakan terhadap lingkungan sekitar. Oleh karena itu sekolah sangat penting agar mampu bertanggungjawab atas apa yang dilakukan sama siswa dan sudah tugasnya guru bk untuk menegur siswa yang bermasalah. Dalam hal ini guru bk memiliki cara agar mampu mengalihkan nomophobia siswa. Tujuan dari penelitian yang peneliti lakukan yaitu untuk memberikan sebuah media terbaru dalam menangani permasalahan siswa yang berkaitan dengan nomophobia dengan media komik strip teknik self management. Metodologi yang dilakukan dalam penelitian ini yaitu riset dan development (RnD) dengan ditambahkan dengan beberapa kajian literatur mengenai nomophobia ini dengan jurnal nasional maupun internasional. Hasil dari penelitian yang dilakukan peneliti ini diketahui bahwa media komik strip teknik self management cocok digunakan untuk siswa yang mengalami nomophobia lalu dialihkan dengan media komik strip tersebut. Diberikannya lembar komik strip ini untuk mestimulus siswa mengisi maksud dari gambar lalu menuliskan maksud pesan tersirat dalam komik strip tersebut sehingga harapannya siswa mampu mengalihkan nomophobia tersebut baik disekolah, dirumah , maupun lingkungan masyarakat.



Full Text:

PDF

References


Aarthi, K., Prathap, L., Jothi Priya, A., & Preetha, S. (2020). Nomophobia and its

impact on health and mind - A structured review. European Journal of

Molecular and Clinical Medicine, 7(1), 334–341.

Aziz, A. (2019). No Mobile Phone Phobia dikalangan Mahasiswa Pascasarjana.

KONSELI: Jurnal Bimbingan Dan Konseling (E-Journal), 6(1), 1–10.

https://doi.org/10.24042/kons.v6i1.3864

Dalbudak, I., Yilmaz, T., & Yigit, S. (2020). Nomophobia Levels and Personalities of

University Students. Journal of Education and Learning, 9(2), 166.

https://doi.org/10.5539/jel.v9n2p166

Fischer-Grote, L., Kothgassner, O. D., & Felnhofer, A. (2020). The impact of

problematic smartphone use on children’s and adolescents’ quality of life: A

systematic review. Acta Paediatrica, International Journal of Paediatrics,

October, 1–8. https://doi.org/10.1111/apa.15714

Gupta, R. (2019). Nomophobia : A Smartphone Addiction. 7(1).

https://doi.org/10.25215/0701.110

Hafni, N. D. (2019). Nomophobhia, Penyakit Masyarakat Modern. Jurnal Al Hikmah,

(2), 41–50.

Hernández-Torrejón, M. V., Pastor-Molina, L., & Sosa-Manchego, L. (2020).

Nomophobia in University Students. International Journal of Early Childhood

Special Education, 12(1), 488–495. https://doi.org/10.9756/INT-

JECSE/V12I1.201029

Islam, M. S., Sujan, M. S. H., Tasnim, R., Ferdous, M. Z., Masud, J. H. B., Kundu, S.,

Mosaddek, A. S. M., Choudhuri, M. S. K., Kircaburun, K., & Griffiths, M. D.

(2020). Problematic internet use among young and adult population in

Bangladesh: Correlates with lifestyle and online activities during the COVID-19

pandemic. Addictive Behaviors Reports, 12(October), 100311.

https://doi.org/10.1016/j.abrep.2020.100311

Komalasari, G., Wahyuni, E. W., & Karsih. 2011. Teori dan teknik konseling. Indeks, Jakarta.

Lepp, A., Barkley, J., & Karpinski, A. C. 2014. The Relationship Between Cell Phone Use, Academic Performance, Anxiety, and Satisfaction with Life in College Students. Computers in Human Behavior Volume 31.

Kohli, G., Kohli, M., & Joshi, P. (2021). Nomophobia: An Assessment of No Phone

Phobia among Adolescents. Medico-Legal Update, 21(1), 269–274.

https://doi.org/10.37506/mlu.v21i1.2316

Maiti, & Bidinger. (1981). HUBUNGAN SCHOOL-WIDE POSITIVE

BEHAVIOR SUPPORT DENGAN NOMOPHOBIA PADA SISWA KELAS XI

IPA 8 SMA MUHAMMADIYAH 1 YOGYAKARTA TAHUN PELAJARAN

/2020. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Mallya, N., R, S., & Mashal, S. (2018). A study to evaluate the behavioral

dimensions of “Nomophobia” and attitude toward smartphone usage among

medical students in Bengaluru. National Journal of Physiology, Pharmacy and

Pharmacology, 8(9), 1553.

https://doi.org/10.5455/njppp.2018.8.0827603092018

Moreno-Guerrero, A. J., López-Belmonte, J., Romero-Rodríguez, J. M., & Rodríguez-

García, A. M. (2020). Nomophobia: impact of cell phone use and time to rest

among teacher students. Heliyon, 6(5), 0–7.

https://doi.org/10.1016/j.heliyon.2020.e04084

Olivencia-Carrión, M. A., Ferri-García, R., Rueda, M. del M., Jiménez-Torres, M. G.,

& López-Torrecillas, F. (2018). Temperament and characteristics related to

nomophobia. Psychiatry Research, 266(May), 5–10.

https://doi.org/10.1016/j.psychres.2018.04.056

Pasongli, A., Ratag, B. T., & Kalesaran, A. F. (2020). FAKTOR-FAKTOR YANG

BERHUBUNGAN DENGAN NOMOPHOBIA PADA MAHASISWA

FAKULTAS KESEHATAN MASYARAKAT UNIVERSITAS SAM

RATULANGI. KESMAS, 9(6).

Permatasari, I., Yusmansyah, Y., & Widiastuti, R. (2019). Penggunaan Bimbingan

Kelompok Teknik Self Management untuk Menurunkan Kecenderungan

Nomophobia Siswa SMA. ALIBKIN (Jurnal Bimbingan Konseling), 7(5).

Prasyatiani, T., Hijriarahmah, D., & Solamat, L. A. (2017). Seven Magic Days To

Prevent Nomophobia. {4Th} {International} {Conference} {on} {Education}

{and} {Social} {Sciences} ({Intcess} 2017), February, 37–45.

R, D. (2019). Nomophobia: The Invisible Addiction. Psychology and Behavioral

Science International Journal, 10(5),

https://doi.org/10.19080/pbsij.2019.10.555799

Rudiana Marlia, P., Novita Azizah, M., & Ibnu, M. (2017). Islamic Counseling Untuk

Nomophobia Di Kalangan Remaja. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan

Dan Konseling, 1(1), 189–194. file:///C:/Users/user/Downloads/134-267-1-

SM.pdf

Vandelis, Armaita, Ramaita, & 2019. (2019). Hubungan Ketergantungan Smartphone

dengan Kecemasan (Nomophobia). (Jurnal Kesehatan). Sekolah Tinggi Ilmu

Kesehatan Piala Sakti, Pariaman, Indonesia. Vandelis Armaita Ramaita, 10,

–93.

Widyastuti, D. A., & Muyana, S. (2018). Potret Nomophobia (No Mobile Phone

Phobia) di Kalangan Remaja. Jurnal Fokus Konseling, 4(1), 62.

https://doi.org/10.26638/jfk.513.2099

Yildrim, C. & Correia. A. P. 2015. Exploring the Dimensions of Nomophobia: Development and Validation of a Self-Reported Questionnaire. Computers in Human Behavior Journal, 49: 130–137.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.