Efektivitas Konseling Behavioral Teknik Self Management terhadap Penanganan Kecanduan Game Online pada Siswa SMP Negeri 2 Way Jepara

Pungki Marantika

Abstract


Kemajuan teknologi semakin hari semakin maju. Banyak manfaat yang dapat diambil dari kemajuan tersebut, misalnya untuk pembelajaran daring disaat pandemi dan penghibur diwaktu senggang. Kemajuan teknologi tersebut juga memicu banyaknya game online yang hadir pada smartphone. Namun, seringkali peserta didik lupa akan waktu dan kegiatan sehari-hari ketika terlalu asik bermain game online. Agar masalah tersebut tidak dialami, maka perlu dilakukan upaya untuk membantu peserta didik terhadap penanganan kecanduan game online. Kecanduan game online adalah perilaku dalam bermain game yang dilakukan secara terus menerus dan menimbulkan efek negative pada diri peserta didik. Upaya yang dapat dilakukan untuk penanganan adalah dengan menggunakan konseling behavioral teknik self management. Penulis artikel ini akan menggunakan penelitian pre-eksperimental. Data-data yang akan digunakan adalah siswa di SMP Negeri 2 Way Jepara.


Full Text:

PDF

References


Ali, N. (2020). Pengaruh Teknik Self-Management Untuk Mengurangi Perilaku Kecanduan Game Online Pada Siswa Kelas Xi Di Man Pinrang (Doctoral dissertation, UNIVERSITAS NEGERI MAKASSAR).

Arwinda, A. (2020). PELAKSANAAN TEKNIK KONSELING BEHAVIORAL DALAM MENGATASI PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP SANTRI DI PESANTREN MODERN DATOK SULAIMAN BAGIAN PUTRA PALOPO (Doctoral dissertation, Institut agama islam Negeri (IAIN Palopo)).

Elvina, S. N. (2019). Teknik self management dalam pengelolan strategi waktu kehidupan pribadi yang efektif. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan dan Konseling Islam, 3(2), 123-138.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja Serta Peran Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 4(3).

Kumalasari, D. (2017). Konsep Behavioral Therapy dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri pada Siswa Terisolir. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 14(1), 15-24.

Maulana, M. A., & Nugroho, P. W. (2019). Mengurangi Kenakalan Remaja Menggunakan Konseling Behavioral Pada Peserta Didik Di SMA. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 6(1), 57-64.

Monica, M. A., & Gani, R. A. (2016). Efektivitas layanan konseling behavioral dengan teknik self-management untuk mengembangkan tanggung jawab belajar pada peserta didik Kelas XI SMA Al-Azhar 3 Bandar Lampung tahun ajaran 2015/2016. KONSELI: Jurnal Bimbingan dan Konseling (E-Journal), 3(2), 119-132.

Reza, R. M., & Mulawarman, M. (2021). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK ONLINE PENDEKATAN BEHAVIOR TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECENDERUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE SISWA. Counsenesia Indonesian Journal Of Guidance and Counseling, 2(1), 22-30.

SANTIKA, L. (2019). Efektifitas Teknik Self Management Dalam Menangani Kecanduan Game Online Remaja di Desa Patoloan Kecamatan Bone-Bone Kabupaten Luwu Utara (Doctoral dissertation, Institut Agama Islam Negeri Palopo).

Sari, R. H., Budiyanto, B., & Naqiyah, N. (2021). Penerapan Konseling Behavioristik dengan Teknik Self Management untuk Mereduksi Perilaku Adiksi Sosial Pengguna Gadget pada Peserta Didik. MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 8(1), 131-139.

Surbakti, K. (2017). PENGARUH GAME ONLINE TERHADAP REMAJA. Jurnal Curere, 1(1).

Suwanto, I. (2016). Konseling behavioral dengan teknik self management untuk membantu kematangan karir siswa SMK. Jurnal Bimbingan Konseling Indonesia, 1(1), 1-5.

Utami, TW. , & Hodikoh, A. (2020). KECANDUAN GAME ONLINE BERHUBUNGAN DENGAN PENYESUAIAN SOSIAL PADA REMAJA. Jurnal Keperawatan, 12(1). 17-22.

YUSTINA, R. S. (2017). PENERAPAN KONSELING BEHAVIORISTIK DENGAN TEKNIK SELF MANAGEMENT UNTUK MENGURANGI KECANDUAN GAME ONLINE PADA SISWA KELAS VIII H SMP 5 KUDUS (Doctoral dissertation, UMK). 1-139.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.