Penerapan Model Visual Audiotori Kinestetik (VAK) untuk Meningkatkan Keterampilan Menulis Siswa Kelas I SD Negeri Giwangan

Silvi Tantri Wulandari

Abstract


Penelitian ini dilaksanakan dengan tujuan untuk meningkatkan keterampilan menulis pada siswa kelas I SD Negeri Giwangan. Pelaksanaan penelitian melalui model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK), yaitu kegiatan penerapan model pembelajaran yang diadaptasi dari model pembelajaran quantum sebagai model pembelajaran menyenangkan yang dapat membuat pembelajar nyaman dengan mengoptimalkan ketiga modalitas belajar. Model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) menekankan pada tiga aspek yaitu visual, auditori, dan kinestetik. Latar belakang diadakannya penelitian ini adalah rendahnya keterampilan menulis siswa kelas I A. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK). Subjeknya adalah siswa kelas I A SD Negeri Giwangan yang berjumlah 24 siswa kategori non ABK. Objeknya adalah keterampilan menulis siswa kelas I A. Desain PTK menggunakan model Kemmis dan Taggart yang meliputi perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi yang dilaksanakan sebanyak 3 siklus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes tertulis. Analisis data yang digunakan adalah statistik deskriptif kuantitatif dan kualitatif. Hasil pada penelitian ini menunjukkan bahwa ada peningkatan keterampilan menulis yang dibuktikan dengan kenaikan dari siklus pertama ke siklus kedua dan ketiga, dari total skor 61,5 menjadi 74,6 dan 81,25 serta ketuntasan KKM per siklus dari 8,3% predikat kurang sekali (dicapai 2 siswa nilai KKM) menjadi 50% predikat cukup (dicapai 12 siswa nilai KKM) hingga 83,3% predikat baik sekali (dicapai 20 siswa nilai KKM).  Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa penerapan model Visualization, Auditory, Kinesthetic (VAK) dapat meningkatkan keterampilan menulis pada pembelajaran daring siswa kelas I di SD Negeri Giwangan.


Full Text:

PDF

References


Abdurrahman, M. (2012). Anak berkesulitan belajar.

Dalman, H. (2021). Keterampilan menulis. PT. RajaGrafindo Persada.

Huda, M., & Pd, M. (2014). Model-Model Pengajaran Dan Pembelajaran, Yogyakarta: Pustaka Pelajar. Kaelan, MS (2010). Pendidikan Kewarganegaraan. Yogyakarta: Paradigma, 2(3).

Mepnews. (2016). Peringkat PISA Indonesia naik tapi masih sangat rendah [Online]. Tersedia dari http://mepnews.id/2016/12/07/peringkat-pisa-indonesia-naiktapi-masihsangat-rendah/. Diakses 10 November 2020. Pukul 13.02.

Ngalimun, S. P., & Pd, M. (2014). Strategi dan model pembelajaran. Yogyakarta: Aswaja Pessindo.

Saddhono, K., & Slamet, Y. (2014). Pembelajaran keterampilan berbahasa Indonesia: Teori dan aplikasi. Graha Ilmu.

Shoimin, A. (t.t.). Model pembelajaran inovatif dalam kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-ruzz media, 210.

Suharsimi Arikunto & S.A.J. Cepi. (2009). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: Bumi

Aksara

Sudjana, N. (2014). Penilaian hasil proses belajar mengajar.

Tarigan, H. G. (1994). Menulis Sebagai Suatu Ketrampilan Berbahasa: Henry Guntur Tarigan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.