Upaya Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika melalui Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada Siswa Kelas IVD SD Muhammadiyah Condongcatur

Wiwit Agustina Setyowati

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) pada siswa kelas IVD SD Muhammadiyah Condongcatur. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas IVD SD Muhammadiyah Condongcatur Tahun Pelajaran 2020/2021 yang berjumlah 37 siswa yang terdiri 20 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Model yang digunakan adalah peneletian tindakan kelas. Variable bebas dalam penelitian ini yaitu model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan variable terikatnya kemampuan pemecahan masalah matematika. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dokumentasi, dan tes. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil dari penelitian ini diperoleh rata-rata nilai sebesar 62,43 dengan presentase ketuntasan belajar 54,05%, pada siklus I diperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 77,35 pada siklus I dengan ketuntasan belajar 67,57% dan siklus II memperoleh rata-rata nilai sebesar 83,26 dengan presentase ketuntasan belajar 83,78%. Kenaikan nilai rata-rata kelas pada siklus I ke siklus II mencapai 5,91, sedangkan untuk kenaikan presentase ketuntasan belajar siswa pada siklus I ke siklus II mencapai 16,21. Berdasakan hasil penelitian tersebut menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika pada siswa kelas IV sekolah dasar.


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. 2013. Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana

A.Suharsimi, Suhardjo, Supardi. (2016). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara

Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta

Daryanto, Rahardjo M. (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF : JURNAL ILMU PENDIDIKAN, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hadi, S. & Radiyatul. (2014). Metode Pemecahan Masalah Menurut Polya untuk Mengembangkan Kemampuan Siswa dalam Pemecahan Masalah Matematis Di Sekolah Menengah Pertama. Edu-Mat Jurnal Pendidikan Matematika FKIP Universitas Lambung Mangkurat, 2 (1). 53 – 61.

Hamruni. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta: Insanmadani

Hariyanto, Warsono. (2013). Pembelajaran Aktif. Bandung: Rosda Karya

Huda, M. (2015). Model-Model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ibrahim, Supardi. (2008). Strategi Pembelajaran Matematika. Yogyakarta: Sukses Offset

Made Wena. (2010). Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta Timur: PT Bumi Aksara

Nadhifah, G., & Afriansyah, E. A. (2016). Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa dengan Menerapkan Model Pembelajaran Problem Based Learning dan Inquiry. 5, 12.

Oktafrianto, Relmasira, S. C., & Hardini, A. T. A. (2018). MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING (PBL) BERBANTUAN MEDIA REALIA PADA SISWA KELAS IV SD. Mimbar Ilmu, 23(3), 218–224. https://doi.org/10.23887/mi.v23i3.16438

Reski, R., Hutapea, N., & Saragih, S. (2019). Peranan Model Problem Based Learning (PBL) terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Kemandirian Belajar Siswa. JURING (Journal for Research in Mathematics Learning), 2(1), 049–057. https://doi.org/10.24014/juring.v2i1.5360

Roebyanto & Harmini. (2017). Pemecahan Masalah Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Rudi Hartono. (2013). Ragam Model Mengajar yang Mudah Diterima Murid. Yogyakarta:Diva Pres

Rusmono. (2014). Strategi Pembelajaran dengan Problem Based Learning itu Perlu Untuk Meningkatkan Profesionalitas Guru. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Siahaan, M. (2020). Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73–80. https://doi.org/10.31599/jki.v1i1.265

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Sumarmo, U. (2014). Mathematical connection ability and self-confidence (an experiment on junior high school students through contextual teaching and learning with mathematical manipulative). International Journal of Education 8 (1), 1-11.

Winarni & Harmini. (2012). Matematika Untuk PGSD. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.