Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Kedisiplinan Belajar

Devi Anggraeni

Abstract


Kedisplinan dalam sekolah penting untuk diterapkan pada siswa untuk membentuk pribadi yang bertanggung jawab, mandiri, serta mampu mengatur dan mengontrol perilakunya. Salah satunya adalah kediplinan belajar, disiplin belajar merupakan bentuk ketaatan siswa dalam menaati peraturan yang telah ditetapkan oleh sekolah. Dengan adanya peraturan dalam sekolah diharapkan siswa mampu betingkah laku sesuai peraturan. Pada kenyataannya, tidak semua siswa dalam sekolah menerapkan kediplinan belajar, maka dibutukan suatu metode untuk meningkatkan disiplin belajar. Salah satunya adalah layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik Self Management ,teknik Self Management ini merupakan pengubahan perilaku atapun kebiasaan konseli dengan cara mengatur, memantau dan pengendalian diri oleh dirinya sendiri tanpa adanya paksaan.

Full Text:

PDF

References


Sari, B. P., & Hadijah, H. S. (2017). Meningkatkan disiplin belajar siswa melalui manajemen kelas. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran (JPManper), 2(2), 233-241.

Erlangga, E. (2017). Bimbingan Kelompok Meningkatkan Keterampilan Berkomunikasi Siswa. PSYMPATHIC: Jurnal Ilmiah Psikologi, 4(1), 149-156.

Heriansyah, M., & Kurniawan, D. (2017). Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Management untuk Meningkatkan Tanggung Jawab Belajar Mahasiswa. Jurnal Penelitian Pendidikan Indonesia, 2(2).

Purbiyanto, R., & Rustiana, A. (2018). Pengaruh Disiplin Belajar, Lingkungan Keluarga, dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa. Economic Education Analysis Journal, 7(1), 341-361.

Pranoto, T. E., Widyastuti, D. A., & Muhliawati, Y. (2020). YA MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR MELALUI KONSELING KELOMPOK MENGGUNAKAN TEKNIK SELF MANAGEMENT DI KELAS X TKRO 7 SMK TAMAN KARYA MADYA TEKNIK KEBUMEN.

Rahmadhani, F. (2020). EFEKTIVITAS KONSELING KELOMPOK DENGAN TEKNIK SELF-MANAGEMENT DAN POSITIVE REINFORCEMENT DALAM MENINGKATKAN DISIPLIN BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII DI SMP NEGERI 19 BANDAR LAMPUNG TAHUN PELAJARAN 2019/2020 (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.