Layanan Konseling Kelompok Realita Dalam Mengurangi Stress Akademik Siswa di Masa Pandemi

Alyfa Fadhlaturrahmah

Abstract


Stress akademik dimasa pandemi ini merupakan salah satu permasalahan yang dialami siswa. Agar permasalahan tersebut dapat dikurangi maka perlu adanya upaya yang dapat dilakukan dalam mengurangi stress akademik siswa yaitu dengan memanfaatkan layanan konseling kelompok dengan menngunakan pendekatan realita. Dalam penulisan artikel ini digunakan studi literartur perpustkaan tujuannya ialah agar tingkat stress akademik yang dialami siswa menurun dengan adanya layanan konseling kelompok pendekatan realita ini.


Full Text:

PDF

References


Asmuni, A. (2020). Problematika Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19 dan Solusi Pemecahannya. Jurnal Paedagogy, 7(4), 281. https://doi.org/10.33394/jp.v7i4.2941

Astuti, B. (2012). Modul Konseling Individual. Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta.

Barseli, M., Ifdil, I., & Fitria, L. (2020). Stress akademik akibat Covid-19. Jurnal Penelitian Guru Indonesia, 5(2), 95–99.

Corey, G. (2013). Theory and Practice of Counseling and Psychoterapy (9th ed.). Brooks.

Corey, G., & Koswara, E. (2013). Teori dan Praktek Konseling & Psikoterapi (Cetakan 7). Bandung, PT Refika Aditama.

Febrianto, B., & Ambarini, T. K. (2019). Efektivitas konseling kelompok realita untuk menurunkan kecemasan pada klien permasyarakatan. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 7(1), 132. https://doi.org/10.22219/jipt.v7i1.7838

Glasser, W. (2004). A New Vision for Counseling. The Family Journal, 12(4), 339–341. https://doi.org/10.1177/1066480704267486

Hastini, L. Y., Fahmi, R., & Lukito, H. (2020). Apakah Pembelajaran Menggunakan Teknologi dapat Meningkatkan Literasi Manusia pada Generasi Z di Indonesia? Jurnal Manajemen Informatika (JAMIKA), 10(1), 12–28. https://doi.org/10.34010/jamika.v10i1.2678

Kumar, V., & Nanda, P. (2019). Social media in higher education: A framework for continuous engagement. International Journal of Information and Communication Technology Education, 15(1), 109–120. https://doi.org/10.4018/IJICTE.2019010108

Muslim, M. (2020). Moh . Muslim : Manajemen Stress pada Masa Pandemi Covid-19 ” 193. Jurnal Manajemen Bisnis, 23(2), 192–201. https://www.bing.com/search?q=jurnal+tentang+kebersihan+diri+sendiri+pada+masa+pandemi+remaja&qs=n&form=QBRE&sp=-1&pq=jurnal+tentang+kebersihan+diri+sendiri+pada+masa+pandemi&sc=0-56&sk=&cvid=F9158713DF0B4E9FAC0BC0C89C267AC0

Putrikita, K. A., & Sari, E. P. (2020). Group Counseling to Reduce Academic Stress in Senior High School Students. Konselor, 9(4), 147–152. https://doi.org/10.24036/0202094110194-0-00

Rahmadani, C. S. M. (n.d.). Hubungan Antara Sense Of Humor Dengan Stress Akademik Pada Siswa Kelas Akselerasi SMA Negeri 1 Bireun. 2014. http://hdl.handle.net/123456789/873

Sadikin, A., & Hakim, N. (2019). Pengembangan Media E-Learning Interaktif Dalam Menyongsong Revolusi Industri 4.0 Pada Materi Ekosistem Untuk Siswa SMA. Biodik, 5(2), 131–138. https://doi.org/10.22437/bio.v5i2.7590

Sadikin, A., & Hamidah, A. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK, 6(2), 109–119. https://doi.org/10.22437/bio.v6i2.9759

Vinet, L., & Zhedanov, A. (2011). Implementasi Zoom, Google Classroom dan WhatsApp Group dalam Mendukung Pembelajaran Daring (Online) Pada Mata Kuliah Bahasa Inggris. Journal of Physics A: Mathematical and Theoretical, 44(8), 155–165. https://jurnal-dikpora.jogjaprov.go.id/index.php/jurnalideguru/article/view/129


Refbacks

  • There are currently no refbacks.