Studi Literasi: Peran Konseling Kelompok Eksistensial Sebagai Strategi Mereduksi Perilaku Insecure di Sosial Media Selama Pandemi Covid-19
Abstract
Masalah siswa pada kondisi pandemic Covid-19 dengan pembelajaran daring adalah sikap insecure mulai timbul didalam diri siswa. Konseling kelompok pendekatan eksistensial sebagai strategi mengurangi rasa insecure yang dialami oleh siswa selama pandemic Covid-19. Tujuan penelitian ini temuan grounded theory konseling kelompok pendekatan eksistensial untuk mengatasi sikap insecure bermedia sosial. Penelitian ini menggunakan studi literasi untuk menemukan grounded theory terkait konseling kelompok pendekatan eksistensial untuk Instrumen data dengan dokumentasi. Analisis data secara mendalam dengan studi deskriptif. Hasil penelitian menemukan fakta bahwa
Konseling kelompok pendekatan eksistensial sebagai strategi yang relevan untu mengurangi rasa insecure yang dialami oleh siswa selama pandemic Covid-19. Konseling kelompok pendekatan eksistensial membuat konseli menemukan kekuatan dan menemukan jalan, serta tujuan hidupnya.
References
Ainiyah, N. (2018). Remaja Millenial dan Media Sosial: Media Sosial Sebagai Media Informasi Pendidikan Bagi Remaja Millenial. Jurnal Pendidikan Islam Indonesia, 2(2), 221–236. https://doi.org/10.35316/jpii.v2i2.76
Cahyono, A. S. (2016). Pengaruh Media Sosial Terhadap Perubahan Sosial Masyarakat Di Indonesia. Jurnal PUBLICIANA, 9(1), 140–157.
Fahmi, N. N., & Slamet, S. (2016). Layanan Konseling Kelompok Dalam Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa SMK Negeri 1 Depok Sleman. Hisbah: Jurnal Bimbingan Konseling dan Dakwah Islam, 13(2), 69–84. https://doi.org/10.14421/hisbah.2016.132-05
Fauci, A. S., Lane, H. C., & Redfield, R. R. (2020). Covid-19—Navigating the Uncharted. New England Journal of Medicine, 382(13), 1268–1269. https://doi.org/10.1056/NEJMe2002387
Fitri, Q., Mahmud, A., & Saman, A. (2019). Penerapan Pendekatan Konseling Eksistensial Humanistik untuk Mengurangi Perilaku Hedonis Siswa di SMAN 10 Makassar. Psympathic: Jurnal Ilmiah Psikologi, 6(1), 41–52.
Fitriansyah, F. (2018). Efek Komunikasi Massa Pada Khalayak (Studi Deskriptif Pengguna Media Sosial dalam Membentuk Perilaku Remaja. Cakrawala - Jurnal Humaniora, 18(2), 171–178. https://doi.org/10.31294/jc.v18i2.4228
Gunawan, G., Suranti, N. M. Y., & Fathoroni, F. (2020). Variations of Models and Learning Platforms for Prospective Teachers During the COVID-19 Pandemic Period. Indonesian Journal of Teacher Education, 1(2), 61–70.
Hakim, L. (2016). Pemerataan Akses Pendidikan Bagi Rakyat Sesuai Dengan Amanat Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. EduTech: Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), Article 1. https://doi.org/10.30596/edutech.v2i1.575
Hamzah, R. E. (2015). Penggunaan Media Sosial Di Kampus Dalam Mendukung Pembelajaran Pendidikan. Wacana: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 14(1), 45–70. https://doi.org/10.32509/wacana.v14i1.89
Hasna, A. (2019). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eksistensial-Humanistik Untuk Melatih Penyesuaian Diri Melalui Randai Dari Minangkabau [Group Counseling Using An Existential-Humanistic Approach To Develop Self-Adjustment Combined With The Expressive Arts Techniques Of Randai Of Minangkabau]. Polyglot: Jurnal Ilmiah, 15(1), 124–139. https://doi.org/10.19166/pji.v15i1.1071
Karo, M. B. (2020). Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) Strategi Pencegahan Penyebaran Virus Covid-19. Prosiding Seminar Nasional Hardiknas, 1, 1–4.
Kholis, N. (2014). Paradigma Pendidikan Islam Dalam Undang-Undang Sisdiknas 2003. Jurnal Kependidikan, 2(1), 71–85. https://doi.org/10.24090/jk.v2i1.542
Komalasari, R. (2020). Manfaat Teknologi Informasi dan Komunikasi di Masa Pandemi Covid 19. TEMATIK-Jurnal Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 7(1), 38–50.
Kristianawati, E., & Djalali, M. A. (2014). Hubungan Antara Kematangan Emosi Dan Percaya Diri Dengan Penyesuaian Sosial. Persona:Jurnal Psikologi Indonesia, 3(03), Article 03. https://doi.org/10.30996/persona.v3i03.414
Kusumadewi, R. F., Yustiana, S., & Nasihah, K. (2020). Menumbuhkan Kemandirian Siswa Selama Pembelajaran Daring Sebagai Dampak Covid-19 Di SD. Jurnal Riset Pendidikan Dasar (JRPD), 1(1), Article 1. https://doi.org/10.30595/.v1i1.7927
Lumongga, D. N. (2014). Memahami dasar-dasar konseling dalam teori dan praktik. Kencana.
Mu’awwanah, U. (2017). Perilaku Insecure Pada Anak Usia Dini. As-Sibyan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(01), 47–58.
Nafrin, I. A., & Hudaidah, H. (2021). Perkembangan Pendidikan Indonesia di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(2), 456–462. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i2.324
Oentarto, A. S. A., Rahmat, F., Hapsari, S., Widiastuti, A. H., & Gabriella, E. K. (2021). Cara mengubah Insecure dengan teori Cognitive Behavioral Therapy (CBT) dan menggunakan teknik Cognitive Behavior Modification (CBM). PsyArXiv. https://doi.org/10.31234/osf.io/7qy2m
Pranoto, H. (2016). Upaya Meningkatkan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di SMA Negeri 1 Sungkai Utara Lampung Utara. Jurnal Lentera Pendidikan Pusat Penelitian Lppm Um Metro, 1(1), 100–111. https://doi.org/10.24127/jlplppm.v1i1.108
Rahmah, R. A. (2020). Perasaan Insecure Pada Masa Covid-19 Mengakibatkan Maraknya Orang Menjual Produk Kecantikan. SocArXiv. https://doi.org/10.31235/osf.io/uc735
Septian, F. (2020). Pelatihan Pendidikan Jarak Jauh (Pjj) Berbantuan Media Sosial Edmodo.Com Bagi Guru SMP Terbuka Sawangan Depok. Jamaika: Jurnal Abdi Masyarakat, 1(2), 60–68.
Setiati, S., & Azwar, M. K. (2020). Covid-19 and Indonesia. Acta Medica Indonesiana, 52(1), 84–89.
Sutanti, T. (2015). Pelaksnaan Layanan Konseling Kelompok Pada Siswa Cerdas Istimewa Di SMA Negeri Kota Yogyakarta. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 107379.
Tuwu, D. (2020). Kebijakan Pemerintah Dalam Penanganan Pandemi Covid-19. Journal Publicuho, 3(2), 267–278.
Velavan, T. P., & Meyer, C. G. (2020). The Covid‐19 epidemic. Tropical Medicine & International Health, 25(3), 278–280. https://doi.org/10.1111/tmi.13383
Watie, E. D. S. (2016). Komunikasi dan Media Sosial (Communications and Social Media). Jurnal The Messenger, 3(2), 69–74. https://doi.org/10.26623/themessenger.v3i2.270
Wijaya, R. S. (2014). Model Konseling Kelompok Eksistensial Humanistik Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Menentukan Arah Peminatan SMA Negeri Semarang. Jurnal Bimbingan Konseling, 3(2), Article 2. https://doi.org/10.15294/jubk.v3i2.4611
Yulianti, A. (2020). Konseling Kelompok Dengan Pendekatan Eksistensial untuk Meningkatkan Kebermaknaan Hidup Orang Dengan HIV-AIDS (ODHA). AL-IRSYAD, 10(1), 86–95.
Refbacks
- There are currently no refbacks.