Peranan Komunikasi Guru dengan Siswa di luar Kelas dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Sekolah di SMA Darul Ulum Kepohbaru

Shorihatul Hasanah

Abstract


Tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengatasi pelanggaran tata tertib sekolah di SMA Darul Ulum Kepohbaru melalui peranan komunikasi guru dengan siswa. Manfaat penelitian ini adalah Bagi guru, hasil penenlitian ini dapat dijadikan sebagai masukan untuk mengatasi pelanggaran tata tertib disekolah. Bagi peneliti, hasil penenlitian ini dapat dijadikan acuan dalam melakukan penelitian yang sejenis. Bagi Kepala Sekolah, hasil penelitian dapat dijadikan sebagai dasar pengambilan kebijakan dalam upaya mengatasi pelanggaran tata tertib disekolah.

Berdasarkan evaluasi pada tindakan I dilaksanakan pada minggu pertama bulan Oktober 2018, maka hasil evaluasi akhir tindakan berdasarkan standar minimal (50%) dan tujuan setiap tindakan bahwa klien belum menunjukkan perubahan dari 50% ke arah positif atau lebih baik, maka tindakan yang dilakukan olehguru sebagai peneliti dikatakan belum berhasil. Evaluasi pada tindakan II yang dilaksanakan pada minggu ke-3 bulan Oktober 2018, maka hasil evaluasi akhir tindakan tersebut standar minimal (50%) dari tujuan setiap tindakan bahwa klien menunjukkan perubahan lebih dari 50% ke arah atau lebih baik, maka tindakan yang dilakukan oleh peneliti dikatakan berhasil.


Full Text:

PDF

References


All Rosyidi. Dkk.1993. Suluh Remaja. Semarang :m CV. Surya Angkasa

Asep Priyatno. 1987. Psikologi. Bandung : Epsilon Group Bandung.

Gerungan. 1991.Psikologi Sosial. Bandung-Jakarta: Eresco

Hurlock EB. 1994. Psikologi Perkembangan. Jakarta : Erlangga.

Kartini Kartono. 1991. Bimbingan Bagi Anak dan Remaja yang Bermasalah. Jakarta: Rajawali Pers.

Poerwadanninto. 1983. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta : PN Balai Pustaka.

Sayekti Pujo Suwamo. 1993. Berbagai Pendekatan Dalam Konseling. Yogyakarta: Menara Mas Offset.

Singgih D. Gunarso danNyonya. 1984. Psikologi Remaja. Jakarta: Gunung Mulia.

Sumamo D. 1998. Pedoman Pelaksanaan DisipUn Nasional dan Tata Tertib Sekolah. Jakarta : Mini Jaya Abadi

Winamo Surahmad. 1996. Pengantar Penelitian Ilmiah. Bandung : Tarsito.

Winkel WS. 1997. Bimbingan dan Konseling. Jakarta : Gi-asindo


Refbacks

  • There are currently no refbacks.