Stres Akademik pada Mahasiswa Baru : Self-Compassion dan Penyesuaian Diri

Galuh Rizky Andini, Dian Kinayung

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menguji hubungan antara self-compassion dan penyesuaian diri dengan stres akademik pada mahasiswa baru. Populasi pada penelitian ini adalah mahasiswa baru tahun 2023 fakultas psikologi UAD. Teknik sampling menggunakan cluster random sampling. Sampel penelitian sebanyak 98 mahasiswa. Metode pengumpulan data menggunakan metode kuantitatif dengan skala sebagai alat ukur. Skala yang digunakan yaitu skala stres akademik (cronbach alpha 0,900), skala self-compassion (cronbach alpha 0,877) dan skala penyesuaian diri (cronbach alpha 0,925). Hasil analisis regresi berganda pada penelitian ini menunjukkan nilai koefisien R sebesar 0,616 dengan p sebesar 0,000 (p<0,01), artinya ada korelasi yang sangat signifikan antara self-compassion dan penyesuaian diri dengan stres akademik. Hasil korelasi parsial untuk  variabel self-compassion dengan stres akademik (r = -0,101; p = 0, 327), artinya tidak ada korelasi antara kedua variabel tersebut. Korelasi antara penyesuaian diri dengan stres akademik menunjukkan nilai r = -0,523; p = 0,000 (p<0,01), artinya ada korelasi yang sangat signifikan antara kedua variabel tersebut. Berdasarkan hasil analisis  dapat disimpulkan bahwa ada hubungan yang sangat signifikan antara self-compassion dan penyesuaian diri dengan stres akademik secara simultan atau bersama-sama, sedangkan jika dilakukan analisis secara terpisah, maka hanya penyesuaian diri yang memiliki hubungan dengan stress akademik.

 

Kata kunci : penyesuaian diri, self-compassion, stres akademik.


Keywords


penyesuaian diri; self-compassion; stres akademik; academic stress; personal adjustment; self-compassion

Full Text:

PDF

References


Ambarwati, P. D., Pinilih, S. S., & Astuti, R. T. (2017). Gambaran tingkat stres mahasiswa. Jurnal Keperawatan Jiwa, 5(1), 40-47. https://doi.org/10.26714/jkj.5.1.2017.40-47

Apriana, A., A. (2018). Sosialisasi mahasiswa baru terhadap dunia kampus (studi pada mahasiswa baru program studi pendidikan ilmu pengetahuan sosial fakultas ilmu sosial Universitas Negeri Makassar). 1–15.

Azmiyyah, H. (2021). Profile of self-adjustment and level of academic stress during online learning in higher education. ProGCouns: Journal. 2(2), 81–87.

Azwar, S. (2017). Metode penelitian psikologi (edisi ke-2). Pustaka Pelajar.

Azzahra, N. (2023). Kendala yang dialami mahasiwa baru. Tempo.Co.https://www.google.com/amp/s/tekno.tempo.co/amp/1761520/inilah-kendala-yang-biasa-dialami-mahasiswa-baru-ketika-masuk-kampus

Breines, J. G., & Chen, S. (2012). Self-compassion increases self-improvement motivation. Personality and Social Psychology Bulletin, 38(9), 1133–1143. https://doi.org/10.1177/0146167212445599

Erindana, F. U. N., Nashori, H. F., & Tasaufi, M. N. F. (2021). Penyesuaian diri dan stres akademik mahasiswa tahun pertama self adjustment and academic stress in first-year university student. Motiva :Jurnal Psikologi, 4(1), 11–18. http://ejurnal.untagsmd.ac.id/index.php/MV/article/viewFile/5303/5159

Handono, O. T., & Bashori, K. (2013). Hubungan antara penyesuaian diri dan dukungan sosial terhadap stres lingkungan pada santri baru. EMPATHY Jurnal Fakultas Psikologi, 1(2), 79–89.

Lee, K. J., & Lee, S. M. (2020). The role of self-compassion in the academic stress model. Current Psychology, 41(5), 3195–3204. https://doi.org/10.1007/s12144-020-00843-9

Lubis, H., Ramadhani, A., & Rasyid, M. (2021). Stres akademik mahasiswa dalam melaksanakan kuliah daring selama masa pandemi covid 19. 10(1), 31–39. https://doi.org/10.30872/psikostudia

Maulana, Z. F. (2014). Perbedaan tingkat stres antara mahasiswa tahun pertama dan tahun kedua di fakultas kedokteran Universitas Lampung. Majority, 3(4), 154-162.

Munir, S., Anita, R., Dwi, T., & Sefnimal, O. (2020). Academic stress factors among indonesian students : A case of IAIN Batusangkar. 10(3), 417–428. https://doi.org/10.23960/jpp.v10.i3.202004

Oktavia, W. K., Fitroh, R., Hastin, W., & Feliana, F. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Prosiding Seminar Nasional Magister Psikologi Universitas Ahmad Dahlan. 142–149

Rahmawati, D., Fahrudin, A., & Abdillah, R. (2021). Hubungan kontrol diri dengan stres akademik akibat pembelajaran hybrid dalam masa pandemi covid-19 di SMK X Kota Bekasi. KHIDMAT SOSIAL: Journal of Social Work and Social Services, 2(2), 135–153.

https://jurnal.umj.ac.id/index.php/khidmatsosial/article/view/14124

Saniskoro, B. S. R., & Akmal, S. Z. (2017). Peranan penyesuaian diri di perguruan tinggi terhadap stres akademik pada mahasiswa perantau di Jakarta. Jurnal Psikologi Ulayat, 4(1), 96–106. https://doi.org/10.24854/jpu67

Sholeh, A., Sakinah., Fadhila, H.A., Nugraha, B.A., & Widiasmara, N. (2018). Social interaction anxiety and academic adjustment among freshmen college student. Arts & Education International Research Journal, 5, (2), 1-5

Sulhanuddin, Arjanggi, R., & Syafitri, D. U. (2020). Hubungan antara self compassion dengan penyesuaian diri pada anak binaan lembaga pembinaan khusu Kutoarjo dan Yogyakarta. Proyeksi, 15(2), 182–191

Taufik, Ifdil, & Ardi, Z. (2013). Kondisi stres akademik siswa SMA negeri di Kota Padang. Jurnal Konseling dan Pendidikan, 143-150. http://jurnal.konselingindonesia.com

Widyastuti. (2017). Self compassion, stress kademik dan penyesuaian diri pada mahasiswa baru. Jurnal Psikologi Talenta, 3(1), 1-6. https://ojs.unm.ac.id/talenta/article/viewFile/5-10/7560.

Yusuf, N. M., & Yusuf, J. M. (2020). Faktor-faktor yang mempengaruhi stres akademik. Psyche 165 Journal, 13(02), 235–239.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.