Kesejahteraan Psikologis Individu Postlingual Deafness di Masa Dewasa Awal
Abstract
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Afriyandi, R., & Rahman, F. (2020). Difabel dalam Kitab Tafsir Indonesia Kontemporer. Studi Keislaman, 1(2).
Afrizal, M. A. (2017). Konsep dasar pengembangan pola pikir pendidik. AL-ISHLAH: Jurnal Pendidikan, 7(2).
Alfatihah, I. A. (2019). Faktor-faktor yang mempengaruhi penerimaan diri anak berkebutuhan khusus tuna netra di yayasan sayap ibu yogyakarta. Pembagian Harta Waris Dalam Adat Tionghoa Di Kecamatan Ilir Timur I Kota Palembang, 1(14 June 2019).
Andiwijaya, D., & Liauw, F. (2020). Pusat pengembangan kepercayaan diri. Jurnal Sains, Teknologi, Urban, Perancangan, Arsitektur (Stupa), 1(2). https://doi.org/10.24912/stupa.v1i2.4487
Arianti, R. (2017). Hubungan intensitas mengakses media sosial dengan perilaku belajar siswa SMP swasta bina bangsa kendari. IAIN Kendari.
Chandra, A. (2015). Perbedaan kemandirian antara anak sulung, anak tengah dan anak bungsu pada siswa SMU Mulia Pratama Medan. Psikologi Konseling, 6(2). https://doi.org/10.24114/konseling.v7i2.5101
Desningrum, D. R. (2007). Psikologi anak berkebutuhan khusus. Depdiknas.
Evitasari, I. A., Widiasavitri, P. N., & Herdiyanto, Y. K. (2015). Proses penerimaan diri remaja tunarungu berprestasi. Jurnal Psikologi Udayana, 2(2), 138-150.
Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. HUMANIKA, 21(1). https://doi.org/10.21831/hum.v21i1.38075
Harimukthi, M. T., & Dewi, K. S. (2017). Eksplorasi kesejahteraan psikologis individu dewasa awal penyandang tunanetra. Jurnal psikologi undip.
Jayanti, N. P. I., Dwi Cahyono, H., & Prasetyo, H. (2023). Dukungan keluarga dengan kualitas hidup pada pasien kanker payudara yang menjalani kemoterapi. Jurnal Keperawatan Malang (JKM), 8(1), 301–307. https://doi.org/10.36916/jkm.v8i1.210
Junaid, I. (2016). Analisis data kualitatif dalam penelitian pariwisata. Jurnal Kepariwisataan, 10(1).
Khoirudin, A. (2021). Menemukan Makna Hidup. CV Jejak (Jejak Publisher).
Mahardi, N. S. A. A. (2018). Kesejahteraan psikologis remaja tunarungu (studi deskriptif siswa tunarungu di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta). Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(6).
M, Ali & M, A. (2011). Psikologi remaja perkembangan peserta didik. Dalam Psikologi Remaja Perkembangan Peserta Didik.
Mangunsong, F. (2009). Psikologi dan pendidikan anak berkebutuhan khusus. Depok: LPSP3 UI.
Mony, W., Kardo, R., & Adison, J. (2021). Hubungan dukungan sosial dengan kebermaknaan hidup pada penyandang tuna netra di Panti Sosial Bina Netra”Tuah Sakato” Padang. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1). https://doi.org/10.33487/edumaspul.v5i1.1207
Muniroh, S., Asrosi, & Luhur, W. (2018). Pengaruh kepercayaan diri terhadap interaksi sosial siswa kelas x smk swasta panca bhakti kubu raya. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(7).
Nida, F. L. K. (2014). Membangun konsep diri bagi anak berkebutuhan khusus. ThufuLA: Jurnal Inovasi Pendidikan Guru Raudhatul Athfal, 2(1). https://doi.org/10.21043/thufula.v2i1.4265
Nofiaturrahmah, F. (2018). The problems of deaf children and how to overcome them. Journal of Empirical Research in Islamic Education, 6(2), 1–15.
Puspasari, D., & Alfian, I. N. (2012). Makna hidup penyandang cacat fisik postnatal karena kecelakaan. Jurnal Psikologi Klinis dan Kesehatan Mental, 1(2).
Putri, V. M., & Suryana, D. (2022). Dampak pendapatan keluarga terhadap kemandirian anak usia dini. Jurnal Pendidikan Bunayya, 4(1).
Rahma, R. N. (2015). Kesejahteraan psikologis penyandang tunanetra (studi pada mahasiswa tunanetra fakultas ilmu pendidikan Universitas Negeri Yogyakarta). Jurnal Bimbingan dan Konseling, 7(1).
Ramadhani, H. S., Pratitis, N., & Aristawati, A. R. (2018). Retracted: subjective well being pada tunarungu dewasa. Persona: Jurnal Psikologi Indonesia, 7(2). https://doi.org/10.30996/persona.v7i2.1882
Rahmawati, R., & Nurfauzizah, L. (2023). Pentingnya menentukan tujuan hidup untuk masa depan: analisis singkat pemikiran Ali Zaenal Abidin. Literaksi: Jurnal Manajemen Pendidikan, 1(02), 31–36.
Rasyid, R. (2010). Penerimaan diri pada penyandang tunarungu. Jurnal psikologi, 2, 1–5.
Ryff, C. D., & Singer, B. (1996). Psychological Well-Being: Meaning, Measurement, and Implications for Psychotherapy Research. Psychotherapy and Psychosomatics, 65, 14-23.
https://doi.org/10.1159/000289026
Simamora, D. P. (2019). Penerimaan diri pada ibu dengan anak tunagrahita. Acta Psychologia, 1(2). https://doi.org/10.21831/ap.v1i2.43145
Sulistyo, S. I. P., Suwarni, E., & Marshela, N. (2022). Pengaruh penerimaan diri terhadap tingkat stres pada orang tua yang memiliki anak cerebral palsy di yayasan sayap ibu Banten (Unit Pelayanan Disabilitas) Tangerang Selatan. Program Studi Psikologi, Fakultas Psikologi dan Pendidikan, Universitas Al Azhar Indonesia.
Zeeshan, M., & Aslam, N. (2013). Resilience and psychological well-being among congenitally blind, late blind and sighted individuals. Journal of Educational Research and Studies, 1(1).
Refbacks
- There are currently no refbacks.