Art Therapy Untuk Menurunkan Kecemasan Siswa SMA yang Mengalami Permasalahan Keluarga

Eva Noorlatifah

Abstract


Masa remaja merupakan masa yang rentan mengalami kecemasan karena berbagai stressor yang dialami. Salah satu faktor penyebab munculnya kecemasan pada remaja adalah keluarga. Keadaan rumah atau keluarga yang memiliki konflik dapat menyebabkan ketidaknyamanan serta kecemasan pada anak. Anak yang dibesarkan dalam keluarga yang tidak harmonis atau disharmoni cenderung mengalami gangguan emosional termasuk kecemasan. Permasalahan keluarga meningkatkan risiko kecemasan sehingga diperlukan intervensi untuk mengurangi tingkat dan gejala kecemasan pada individu. Tujuan dari penelitian ini ialah untuk mengetahui apakah intervensi art therapy dapat menurunkan kecemasan yang dialami oleh remaja. Subjek penelitian ini ialah siswa menengah atas yang mengalami permasalahan keluarga. Metode penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif eksperimen dengan one group pretest posttest design. Analisis data yang digunakan yaitu paired sample t-test. Hasil pada penelitian ini menunjukkan adanya signifikansi sebesar p = 0,002 (p < 0,05), sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan pada skor pretest dan posttest partisipan. Hasil ini juga menunjukkan bahwa art therapy dapat menurunkan tingkat dan gejala kecemasan yang dirasakan pada siswa menengah atas yang mengalami permasalahan keluarga.  

Keywords


art therapy, kecemasan, permasalahan keluarga, remaja

Full Text:

PDF

References


Abbing, A, et al. (2018). The effectiveness of art therapy for anxiety in adults: A systematic review of randomised and non-randomised controlled trials. PloS one, (vol. 13 ). Di Unduh dari: https://doi.org/10.1371/journal.pone.0208716

Adelia, Y., Taufik, T., & Nurfarhanah, N. (2013). Hubungan antara Pengetahuan tentang Menarche dengan Kecemasan Siswi. Konselor, 2(1).

Ahmad, H., Wurru, L. L., & Maharani, J. F. (2021). Hubungan Antara Keharmonisan Keluarga Dengan Perilaku Agresif Pada Siswa Madrasah Aliyah Raudlatusshibyan Nw Belencong Tahun Pelajaran 2019/2020. Realita: Jurnal Bimbingan dan Konseling, 6(1).

Az-Zahrani, Musfir bin Said. 2005. Konseling Terapi. Jakarta: Gema Insani

Clark, D.A. & Beck, A.T. (2012). Anxiety and worry workbook: the cognitive behavioural solution. New York: The Guilford Press

Effendi, F., & Makhfudli. (2009). Keperawatan komunitas:teori dan praktik. Jakarta: Erlangga.

Ellingson, M. (1991). A philosophy for clinical art therapy. In Landgarten, H. B., Lubbers, D (Ed). Adult art psychotherapy: Issues and applications (pp. 3-20). New York, NY: Brunner/Mazel.

Hidayati, S., Baequny, A., & Fauziyah, A. (2021). Intervensi TAKS (Terapi Aktivitas Kelompok Sosialisasi) sebagai upaya menurunkan tingkat depresi lansia. JABI: Jurnal Abdimas Bhakti Indonesia, 2(2), 64-76.

Idzhar, A. (2016). Peranan guru dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. Jurnal office, 2(2), 221-228.

Istiantoro, D. (2018). Identifikasi Faktor Penyebab Kecemasan Akademik pada Siswa Kelas XI di SMA Negeri 3 Bantul. Jurnal Riset Mahasiswa Bimbingan Dan Konseling, 4(10), 626-636.

Kamila, A. (2020). Psikoterapi Dzikir Dalam Menangani Kecemasan. Happiness (Journal of Psychology and Islamic Science), 4(1), 40-49.

Lutfiyah, N. U. (2021). Studi Kasus Dinamika Psikologis Penderita Depresi Mayor Dengan Riwayat Pengalaman Korban Kekerasan Oleh Orang Tua. Ristendik: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 251-258.

Marmin. (2013). Kenakalan remaja sebagai permasalahan sosial dan upaya pengatasannya. Jurnal Ilmu-Ilmu Sosial Dan Humaniora, 1, 1, 1-9.

Musfir Az-Zahrani.(2005). Konseling Terapi . Jakarta: Gema Insani.

Persada, I. B., & Agustina, A. (2019). Penerapan art therapy dengan pendekatan kelompok untuk menurunkan kecemasan pada anak binaan di lpka tangerang. Jurnal Muara Ilmu Sosial, Humaniora, dan Seni, 3(1), 269-275.

Rinera, I., & Retnowati, S. (2020). Pengaruh Pelatihan MBSR terhadap Kecemasan pada Mahasiswa Baru. Gadjah Mada Journal Of Professional Psychology (Gamajpp), 6(2), 205-216.

Rubin, J. A. (2010). Introduction to art therapy: Sources & resources. New York, NY: Routledge

Semiun, Yustinus. 2006. Kesehatan Mental 2 : Gangguan-gangguan Kepribadian, Reaksi-reaksi Simtom Khusus, Gangguan Penyesuaian Diri Anak-anak Luar Biasa, dan Gangguan Mental yang Berat. Yogyakarta : Kanisius

Wijaya, Y. (2022). Penanganan Kecemasan pada Remaja Menggunakan Intervensi Art Therapy: Anxiety Treatment in Adolescence Using Art Therapy Interventions. Jurnal Kesehatan Mental Indonesia, 1(01), 21-28.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.