Pengaruh Model Pembelajaran Problem-Based Learning Berbantuan Simulasi PhET terhadap Hasil Belajar Siswa

Siti Suryani, Muhamad Epi Rusdin, Florentinus P.N. Koten

Abstract


Penelitian ini mengkaji efektivitas model pembelajaran Problem based Learning (PBL) yang didukung oleh media simulasi Physics Education Technology (PhET ) terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran fisika. Latar belakang penelitian ini didasarkan pada masalah pembelajaran fisika yang masih berfokus pada guru serta kurangnya penggunaan teknologi di SMP Muhammadiyah Waipare. PBL dan PhET  diharapkan dapat meningkatkan keterlibatan, pemahaman konsep, dan hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Sampel penelitian adalah 40 siswa dari SMP Muhammadiyah Waipare, dengan 20 siswa di kelas eksperimen yang menggunakan PBL berbantuan PhET  dan 20 siswa di kelas kontrol yang menggunakan metode konvensional. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Analisis data meliputi analisis deskriptif, uji normalitas, uji homogenitas, dan uji-T. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata posttest kelas eksperimen (82,25) lebih tinggi dibandingkan kelas kontrol (74,75). Uji normalitas (uji Kolmogorov-Smirnov) menunjukkan bahwa data posttest kelas eksperimen (nilai sig 0,012) dan kelas kontrol (nilai sig 0,008) berdistribusi normal. Uji homogenitas (Uji Levene) menunjukkan nilai sig 0.632, menandakan bahwa nilai posttest tersebut seragam. Uji-T menunjukkan nilai signifikansi 0,000, menandakan adanya pengaruh signifikan model PBL berbantuan PhET  terhadap hasil belajar siswa. Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penerapan PBL dengan PhET  efektif dalam meningkatkan hasil belajar fisika siswa di SMP Muhammadiyah Waipare dibandingkan dengan metode pembelajaran konvensional. Penelitian ini memberikan kontribusi penting dalam mengintegrasikan teknologi dalam pendidikan fisika dan menunjukkan potensi PBL dan PhET  dalam meningkatkan hasil belajar.

Full Text:

PDF

References


Novita, N., & Fatmi, N. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran PBL dengan Media PhET Terhadap Hasil Belajar Kognitif Siswa. Journal on Education, 5(3), 6092-6100.

Rohmah, C. N., & Setiani, R. (2022). Pengaruh Model PBL terhadap Hasil Belajar Materi Sistem Gerak pada Manusia Siswa Kelas VIII SMPN 4 Tulungagung. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains Indonesia (JPPSI), 5(2), 99-106.

Daheri, M. (2020). Efektifitas whatsapp sebagai media belajar daring. Jurnal basicedu, 775-783.

Bao. (2020). COVID‐19 and online teaching in higher education: A case study of Peking University. Human behavior and emerging technologies, 113-115.

Merri, H. S., & Kenny, B. S. (2023). Efektivitas Model Problem Based Learning Terhadap Hasil Belajar Biologi Di Madrasah Aliyah Yasuruka Kota Bengkulu. Indonesian Journal of Innovation Multidisipliner Research, 238-248.

Sri, D., & Sari, N. (2021). Profesionalisme Kinerja Guru Dan Kemampuan Literasi Digital Guru Berpengaruh Terhadap Kualitas Pembelajaran Daring Smk Kota Jambi. Jurnal Ilmiah Dikdaya.

Bhakti, Latri, A., & Lestari. (2023). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Kognisi: Jurnal Penelitian Pendidikan Sekolah Dasar, 16-22.

Adi, J., Pujianti, B. D., & Lensiana, L. (2022). Utilization of PhET simulation in flipped classroom to improve students' critical thinking skills. Jurnal Riset dan Kajian Pendidikan Fisika, 9(1), 17-24.

Meylinda, M., Putri, D. H., & Risdianto, E. (2024). Pengaruh Model PBL Berbantuan Media Animasi Berbasis Canva Terhadap Hasil Belajar Fisika Di SMA. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika, 15(2), 196-203.

Rizaldi, D. R., Jufri, A. W., & Jamaluddin, J. (2020). PhET: Simulasi interaktif dalam proses pembelajaran fisika. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 10-14.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i1.15700

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta