Analisis Tindak Tutur Perlokusi Guru dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Kelas XI Mas Muhammadiyah Nangahure

Atika Humairah

Abstract


Penelitian ini menelaah perihal Tindak tutur Perlokusi pengajar dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI MAS Muhammadiyah Nangahure. Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan bentuk serta fungsi tindak tutur perlokusi pengajar pada pembelajaran bahasa indonesia kelas XI MAS Muhammadiyah Nangahure. Jenis penelitian yang dipergunakan mempelajari permasalahan ini yaitu metode deskriptif kualitatif teknik pengumpulan data yang dipergunakan yaitu: teknik observasi (pengamatan), simak libat cakap, teknik rekam, teknik catat, serta teknik dokumentasi. Hasil penelitian yang ditemukan yakni ada empat jenis tindak tutur perlokusi yaitu tindak tutur perlokusi direktif, tindak tutur perlokusi ekspresif, tindak tutur perlokusi representatif, serta tindak tutur perlokusi komisif. pada tindak tutur perlokusi direktif berupa: perintah, pemesanan, pemberian saran. Tindak kata perlokusi ekspresif berupa: kebencian, kesenangan, kegembiraan. Tindak kata perlokusi representatif berupa: penegasan, pendeskripsian, pernyataan suatu keterangan, simpulan. Tindak tutur tutur komisif berupa: penolakan. hasil analisis pada penelitian ini menunjukkan fungsi tindak tutur perlokusi yang ditemukan di pengajar pada pembelajaran bahasa indonesia yaitu fungsi kompetitif serta fungsi menyenangkan.

Full Text:

PDF

References


Sari Amfusina, Ririn Rahayu, and Iba Harliyana, “Tindak Tutur Lokusi, Ilokusi, Dan Perlokusi Pada Guru Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Di Sma Negeri 1 Nisam,” J. Metamorf., vol. 8, no. 2, pp. 207–218, 2020, doi: 10.46244/metamorfosa.v8i2.1114.

E. N. Insan, “Tindak tutur perlokusi guru dalam pembelajaran Bahasa Indonesia kelas XI SMK N 1 Sawit Boyolali,” Universitas Muhammadiyah Surakarta, 2016.

C. A. Kusumawardani, “Analisis tutuan guru dalam berinteraksi di kelas dengan pendekatan pragmatik SD N 4 Wandanpuro,” Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim, 2022.

C. Wardoyo, “Metode dan strategi penerjemahan istilah-istilah pragmatik dalam buku ‘pragmatics’ karya George Yule ke dalam bahasa Indonesia,” Al-Tsaqafa J. Ilm. Perad. Islam, vol. 13, no. 02, pp. 383–394, 2016.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.15814

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta