Perbandingan Model Pembelajaran PBL dan Investigasi Kelompok terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMP 23 Kota Jambi pada Materi Energi dan Perubahannya

Gustian Gustian, Dwi Agus Kurniawan, Maison Maison

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan kemampuan pemecahan masalah siswa SMP 23 Kota Jambi antara yang menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning (PBL) dan model pembelajaran Investigasi Kelompok pada materi Energi dan Perubahannya. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan desain eksperimen semu menggunakan post-test only nonequivalent control group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VII SMP 23 Kota Jambi dengan sampel sebanyak 60 siswa yang diambil dengan teknik cluster sampling dan terbagi menjadi kelas eksperimen A (model Investigasi Kelompok) dan kelas eksperimen B (model PBL). Pengumpulan data dilakukan dengan memberikan pretest dan posttest. Analisis data menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji t. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen A (sig. 0,641 > 0,05), namun terdapat perbedaan yang signifikan pada kemampuan pemecahan masalah siswa kelas eksperimen B (sig. 0,000 < 0,05). Dapat disimpulkan bahwa penerapan model PBL lebih mempengaruhi kemampuan pemecahan masalah siswa dibandingkan model Investigasi Kelompok pada materi Energi dan Perubahannya di SMP 23 Kota Jambi.

Full Text:

PDF

References


S. Nurulita, "Pengaruh Perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Terhadap Masyarakat dan Lingkungan," Humaniora, vol. 11, no. 1, pp. 37–48, 2012, [Online]. Available: https://journal.ugm.ac.id/jurnal-humaniora/article/view/623.

A. M. Nawahdani, E. Triani, M. Z. Azzahra, M. Maison, D. A. Kurniawan, and D. Melisa, "Hubungan Minat dan Motivasi Belajar Siswa terhadap Mata Pelajaran Fisika," Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, vol. 6, no. 1, pp. 12–18, 2022.

A. Pane and M. Dasopang, "Belajar Dan Pembelajaran," FITRAH: Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, vol. 3, no. 2, p. 333, 2017. doi: 10.24952/fitrah.v3i2.945.

R. Ibrahim, "Evakuasi Kurikulum," vol. 4, no. 2, pp. 1–22, 2021.

J. Jufrida, R. Dani, F. R. Basuki, and S. R. D. Astuti, "Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal Materi Gelombang Bunyi Untuk Sma Kelas Xi," Physics and Science Education Journal (PSEJ), vol. 2, pp. 17–31, Apr. 2022. doi: 10.30631/psej.v2i1.1271.

T. S. Sumartini, "Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa melalui Pembelajaran Berbasis Masalah," Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, vol. 5, no. 2, pp. 148–158, 2018. doi: 10.31980/mosharafa.v5i2.270.

S. Susbiyanto, D. A. Kurniawan, R. Perdana, and C. Riantoni, "Identifying the mastery of research statistical concept by using problem-based learning," International Journal of Evaluation and Research in Education, vol. 8, no. 3, pp. 461–469, 2019.

R. Ardianti, E. Sujarwanto, and E. Surahman, "Problem-based Learning: Apa dan Bagaimana," DIFFRACTION, vol. 3, no. 1, pp. 27–35, 2022. doi: 10.37058/diffraction.v3i1.4416.

D. Rakhmawati, "Advantages and Disadvantages of Problem Based Learning Models," SHEs: Conference Series, vol. 4, no. 5, pp. 550–554, 2021. [Online]. Available: https://jurnal.uns.ac.id/shes.

N. Aulia, T. Syaripudin, and R. Hermawan, "Penerapan Model Group Investigation Untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas V SD," Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, vol. 5, no. 2, pp. 22–34, 2020. [Online]. Available: https://ejournal.upi.edu/index.php/jpgsd/article/view/30015/13332.

R. F. Putera and Z. Qalbi, "Penggunaan Model Gi (Group Investigation) Pada Pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Di Sekolah Dasar," Jurnal Pendidikan, vol. 11, no. 1, p. 20, 2020.

R. E. Slavin, "Cooperative Learning," in International Encyclopedia of Education, 3rd ed., Mar. 2009, pp. 177–183. doi: 10.1016/B978-0-08-044894-7.00494-2.

R. Purwoko, "Penerapan Model Group Investigation untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS tentang Kegiatan Ekonomi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar," Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, vol. 9, no. 1, 2021. doi: 10.20961/jkc.v9i1.53852.

J. W. Creswell, Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif dan Campuran. Pustaka Belajar, 2017.

P. E. Niyanti, F. P. Setyaningrum, G. W. Rachman, and F. Wandita, "Implementasi Pembelajaran Fisika Topik Usaha dan Energi Berdasarkan Publikasi Ilmiah," Mitra Pilar: Jurnal Pendidikan, Inovasi, Dan Terapan Teknologi, vol. 1, no. 2, pp. 99–118, 2022. doi: 10.58797/pilar.0102.05.

J. Putra and Yulita, "Penerapan Model Pbl Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta Didik Kelas XII Mipa2 Sman 12 Pekanbaru," Jurnal Prinsip Pendidikan Matematika, vol. 1, no. 2, pp. 78–88, 2019.

A. R. Hakim and A. Nurrahmah, "Pengaruh Metode Contextual Teaching and Learning terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika," JKPM (Jurnal Kajian Pendidikan Matematika), vol. 5, no. 1, p. 85, 2019. doi: 10.30998/jkpm.v5i1.5075.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v1i2.16061

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta