Upaya Meningkatkan Minat Belajar Siswa Melalui Metode Game Based Learning pada Materi IPAS di Kelas IV SD N 57 Palembang

Anggy Wida Ramadanti, Anisha Sherany Thamrin, Annisa Hayyunah Wahab, Citra Octa Diana, Zahra Alwi, Sri Nuzriah

Abstract


Sebagai upaya untuk menumbuhkan minat belajar siswa pada pelajaran IPAS agar lebih menarik, tidak monoton, siswa fokus pada pembelajaran yang sedang berlangsung, pembelajaran berjalan baik, menyenangkan, serta bermakna, telah dilakukan Penelitian Tindakan Kelas dalam pelajaran IPAS di Kelas IV dengan  metode Game Based Learning (GBL) dan media kuis Word Wall. Tujuannya adalah untuk mengetahui apakah model pembelajaran GBL dengan media Wordwall dapat meningkatkan minat belajar siswa pada pembelajaran IPAS di kelas IV. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan kelas teori Kemmis dan Taggart, yang terdiri dari 4 tahap, yaitu tahap perencanaan (planning), tahap pelaksanaan (Action), tahap pengamatan (Observation), dan tahap refleksi (Reflection). Subjek penelitian adalah siswa kelas IV C SDN 57 Palembang, berjumlah 23 orang. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi dan tes. Analisis data dilakukan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasilnya menunjukkan: 1) dari data pra siklus, 70% siswa kelas 4 ini,  nilainya belum mencapai 70; 2) hasil siklus 1 nilai rata-rata 76,30, 16 siswa mencapai kriteria sangat berminat,  ketuntasan belajar 73,91%; 3) hasil siklus 2 nilai rata-rata 81,30, 23 siswa  mencapai kriteria sangat berminat, ketuntasan belajar 100%. Dapat disimpulkan bahwa penerapan metode pembelajaran Games Based Learning menggunakan media kuis Wordwall dapat meningkatkan nilai dan minat belajar peserta didik dalam pembelajaran IPAS.

Full Text:

PDF

References


Sumianto, Y. Analisis faktor-Faktor Yang Menghambat Minat Belajar Dimasa Pandemi Covid 19 Pada Siswa SDN 008 Solo. Jurnal PendidikanTambusai, 608-614, 2021.

Astuti. Penerapan Metode User Centered Design Pada Game Based. 10-20, 2017.

Sosilo. Konsep Desain Pembelajaran Ipas Untuk Mendukung Penerapan Asesmen Kompetensi Minimal. FMIPA UNNES, 2022.

Agustina. Analisis Pedagigical Content Knowledge Terhadap Buku Guru Ipas Pada Muatan Ipa Sekolah Dasar Kurikulum Merdeka. Jurnal Bsicedu, 5877-5889, 2022.

Lestari. Penerapan Metode Games Based Learning Untuk Meningkatkan Minat Belajar Pada Siswa Kelas IV SD Telkom Makasar. UNM, 4. 2022.

Supriyono. Pentingnya Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. Jurnal Pendidikan Dasar, Volume II No.1 2614-4417, 2018.

Huda, M. Model-model Pengajaran dan Pembelajaran. Yogyakarta.Pustaka Belajar, 2014.

Shoimin, A. Model Pembelajaran Inovatif dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta. Ar-Ruzz Media, 2013.

Ngalimun. Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta. Awaja Pessindo, 2017.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19023

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta