Pembelajaran Transformasi untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Fisika Dengan Makro Media Flash Pada Siswa Kelas X 7 SMA Negeri 2 Bantul

Sriyanto Sriyanto, Muchlas Muchlas, Ishafit Ishafit

Abstract


Fisika merupakan salah satu cabang dari Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) atau natural physical science yang mempelajari pengetahuan tentang gejala-gejala alam dan penggunaannya secara umum, tidak hanya ditunjukkan oleh fakta tapi juga diikuti dengan metode ilmiah dan sikap ilmiah. Bagi sebagian besar siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Bantul, materi fisika dirasakan abstrak dan banyak matematisnya yang berimbas pada masih rendahnya pemahaman dan minat siswa. Sebagai salah satu upaya untuk mengatasi masalah tersebut, serta diharapkan dapat meningkatkan prestasi belajar, dilakukan pembelajaran menggunakan Makro Media Flash. Tujuan Penelitian ini Meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Fisika dengan pembelajaran Makro Media Flash (MMF) sedangkan Metode Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilakukan dengan metode pembelajaran MMF. Objek penelitian ini adalah siswa kelas X7 SMA Negeri 2 Bantul dengan jumlah 36 orang yang terdiri dari 24 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Penelitian ini dilakukan pada bulan Februari – Maret 2024. Metode pengumpulan data dilakukan dengan siklus, dimana setiap siklus terdiri dari 3 kali pertemuan. setiap siklus dilaksanakan melalui beberapa tahapan yaitu, perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan (observasi), dan refleksi. Dalam penelitian ini dilakukan 2 siklus atau 6 kali pertemuan. Hasil penelitian diperoleh dari nilai belajar siswa setelah tindakan kelas per siklus dengan kategori lulus dan belum lulus. Hasil Penelitian menunjukkan adanya peningkatan prestasi belajar siswa kelas X7 setelah dilakukan tindakan MMF. Peningkatan tersebut dapat dilihat dari nilai hasil belajar siswa. Sebelum dilakukan MMF nilai siswa yang dikategorikan belum lulus dalam pelajaran fisika sebanyak 44,4% (16 siswa) dan kategori lulus sebanyak 55,6%. Kemudian pada siklus 1 terjadi peningkatan sebanyak 66,6% (24 siswa) dalam kategori lulus. Selanjutnya pada siklus terakhir yaitu siklus II didapat peningkatan hasil belajar siswa yaitu sebanyak 94,4% (34 siswa) dalam kategori lulus, sedangkan yang tidak lulus sekitar 5,6% (2 siswa).

Full Text:

PDF

References


Friandana Vivit F.D.,dan B Asto, I.G.P (2015). "Pengembangan Media Pembelajaran Multimedia Interaktif berbantuan Software Macromedia Flash Pada Kompetensi Dasar Penerapan Macam- macam Gerbang Dasa Rangkaian Logika Di SMK Negeri 2 Bojonegoro", Jurnal Pendidikan Tekhnik Elektro Vol. 4

Crow L, & Crow A. (1988). "Psikologi Pendidikan". Surabaya: Bina Ilmu

Djalali. (2011). "Psikologi Pendidikan". Jakarta: Bumi Aksara

Hamalik. (2008). "Kurikulum dan Pembelajaran". Jakarta: Bumi Aksara

Sulhan, N. (2006). "Pembangunan Karakter Pada Anak, Manajemen Pembelajaran Guru Menuju Sekolah Efektif". Surabaya: Intelektual Club.

Supardi. (2010). "Pengaruh Media Pembelajaran Dan Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Fisika”, Jurnal Formatif 2 (1): 71-81 ISSN:2088-351X.

Grasela Nopianti, Sudi Dul Aji dan Muhammad Nur Hudha., Metode Eksperimen Menggunakan Macromedia Flash Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Fisika., http://e-journal.unipma.ac.id/index.php/snpf, Vol.5, pp 1-7, 2019.

Laitali Mala, Fanda R.P. Latif, Hilyatu Zahro’, Linta F. Muftikah. “Pengaruh Penggunaan Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Melalui Model Pembelajaran Realistic Mathematic Education Pada Materi Fungsi Komposisi Kelas X Iis 3 SMAN 1 Ngadiluwih” TRANSFORMASI - Jurnal Pendidikan Matematika & Matematika Vol. 3 No. 1, ISSN: 2549-1164, 2019.

Esfse Rizka Damanik dan Ratna Tanjung, “Pengaruh Media Pembelajaran Animasi Macromedia Flash Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Kelas X MAN Lima Puluh”, pp 214-221

Anggi Tandya Aisya Yori, Purwandari, Sulistyaning Kartikawati, ”Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Macromedia Flash Berbasis Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa Pada Mata Kuliah Proteksi Sistem Tenaga Listrik”. JUPITER (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), Vol.2, No. 2, pp 1-6, 2017.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19024

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta