Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Melalui Model PBL Terintegrasi Pendekatan TaRL Materi Penjumlahan Kelas IVD SD Muhammadiyah Sokonandi

Anita Nur Latifah, Trikinasih Handayani, Alpendi Alpendi, Kadarwati Kadarwati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan di kelas IVD SD Muhammadiyah Sokonandi melalui penerapan model Problem Based Learning (PBL) yang terintegrasi pendekatan Teaching at the Right Level (TaRL). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) dengan menggunakan desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc taggart yang terdiri dari 4 langkah (perencanaan, tindakan, pengamatan, refleksi,). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model PBL yang terintegrasi pendekatan TaRL mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik secara signifikan. Hal tersebut dibuktikan pada siklus pertama mendapatkan hasil persentase ketuntasan klasikal sebesar 68%, sementara pada siklus kedua meningkat sebesar 90%. Berdasarkan uraian tersebut penerapan model PBL yang terintegrasi pendekatan TaRL terbukti efektif dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi penjumlahan.

Full Text:

PDF

References


Ainun, H., Yunus, S. R., & Alim, M. H. (2023). Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMP. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(3), 1070–1075.

Asrobanni, N., & Rohmadhawati, D. A. (2024). Penerapan Pembelajaran Model Problem Based Learning Dengan Pendekatan Teaching At The Right Level Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Teks Tanggapan Siswa Di Kelas Vii . 3 Smp Negeri 10 Palembang. 2(2), 45–54.

Cahyono, S. D. (2022). Melalui Model Teaching at Right Level ( TARL) Metode Pemberian Tugas untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik Mata Pelajaran Prakarya dan Kewirausahaan KD. 3.2 /4.2 Topik Perencanaan Usaha Pengolahan Makanan Awetan dari Bahan Pangan. Jurnal Pendidikan Indonesia, 6(2), 12407–12418. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2842833

Fauzan, M. (2023). Menyegarkan Kembali Semangat Perubahan dan Orientasi Layanan (F. Nugraha (ed.)). Balai Diklat Keagamaan Bandung.

Izzah, N., Djangi, M. J., & Mansur. (2023). Penerapan Model Problem Based Learning Terintegrasi Teaching at the Right Level untuk meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran Penerapan, 5(3), 1000–1008.

Kusuma, Y. Y. (2021). Peningkatan Hasil Belajar SIswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran Problem Based Learning di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 1460–1467. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.753

Magdalena, I., Rizqina Agustin, E., & Fitria, S. M. (2024). Konsep Model Pembelajaran. Sindoro Cendikia Pendidikan, 3(1), 41–55. https://doi.org/10.9644/scp.v1i1.332

Radiusman, R. (2020). Studi Literasi: Pemahaman Konsep Anak Pada Pembelajaran Matematika. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 6(1), 1. https://doi.org/10.24853/fbc.6.1.1-8

Sulistiani, E., & Masrukan. (2016). Pentingnya Berpikir Kritis dalam Pembelajaran Matematika untuk Menghadapi Tantangan MEA. Seminar Nasional Matematika X Universitas Semarang, 605–612.

Susilo, H., Chotimah, H., & Dwita Sari, Y. (2021). Penelitian Tindakan Kelas Sebagai Sarana Pengembangan Keprofesionalan Guru dan Calon Guru (S. Wahyudi, Y. Setyotini, & I. Basuki (eds.)). Bayumedia Publishing.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19035

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta