Transformasi pendidikan kewirausahaan melalui teknologi
Abstract
Tujuan dari transformasi pendidikan kewirausahaan melalui teknologi adalah untuk meningkatkan efektivitas dan aksesibilitas pembelajaran kewirausahaan. Metode pada penelitian ini menggunakan studi literatur yang terdiri dari beberapa tahap yaitu identifikasi, tujuan penelitian, pengumpulan literatur, seleksi literatur, analisis dan sintesis Literatur serta penulisan dan pembahasan. Teknologi telah membuka peluang baru bagi pendidikan kewirausahaan dengan menyediakan akses ke informasi global, memperluas jaringan, serta menghadirkan simulasi bisnis yang realistis. Transformasi ini memungkinkan integrasi pembelajaran daring, aplikasi simulasi bisnis, serta penggunaan kecerdasan buatan dalam pengajaran kewirausahaan. Melalui pendekatan digital ini, peserta didik dapat mengakses pengalaman praktis, berinteraksi dengan mentor. Dampak dari penerapan teknologi tidak hanya meningkatkan keterampilan praktis, tetapi juga mendorong pola pikir inovatif dan adaptif yang dibutuhkan dalam era ekonomi digital. Transformasi ini diharapkan mampu menjawab tantangan global serta meningkatkan kesiapan wirausahawan masa depan dalam menghadapi perubahan pasar yang dinamis.
Full Text:
PDFReferences
T. Tafonao, “Pendidikan Kewirausahaan Bagi Warga Gereja Di Era Digital,” Visio Dei J. Teol. Kristen, vol. 2, no. 1, pp. 127–146, 2020, doi: 10.35909/visiodei.v2i1.81.
A. Harianti, M. Malinda, N. Nur, H. L. Suwarno, Y. Margaretha, and D. Kambuno, “Peran Pendidikan Kewirausahaan Dalam Meningkatkan Motivasi, Kompetensi Dan Menumbuhkan Minat Mahasiswa,” J. Bisnis dan Kewirausahaan, vol. 16, no. 3, pp. 214–220, 2020, doi: 10.31940/jbk.v16i3.2194.
H. A. Hasan, “Pendidikan Kewirausahaan: Konsep, Karakteristik Dan Implikasi Dalam Memandirikan Generasi Muda,” J. PILAR J. Kaji. Islam Kontemporer, vol. Volume 11, no. 1, pp. 99–111, 2020.
P. S. N. Wardhani and D. Nastiti, “Implementasi Pendidikan Kewirausahaan Dalam Menumbuhkan Minat Berwirausaha Mahasiswa,” Prima Magistra J. Ilm. Kependidikan, vol. 4, no. 2, pp. 177–191, 2023, doi: 10.37478/jpm.v4i2.2622.
F. Maulana, “Pendidikan Kewirausahaan dalam Islam,” IQ (Ilmu Al-qur’an) J. Pendidik. Islam, vol. 2, no. 01, pp. 30–44, 2019, doi: 10.37542/iq.v2i01.23.
D. Rusmana, “Pengaruh Keterampilan Digital Abad 21 Pada Pendidikan Kewirausahaan Untuk Meningkatkan Kompetensi Kewirausahaan Peserta Didik Smk,” J. Ekon. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 8, no. 1, p. 17, 2020, doi: 10.26740/jepk.v8n1.p17-32.
Y. Arni, Mp. Siswandari, Ms. Muhammad Akhyar, and Mp. H. Asrowi, Pendidikan Kewirausahaan, vol. 2. 2022.
Sugiyono, “Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D).” Penerbit Alfabeta, Bandung, 2019.
E. W. Prastyaningtyas and Z. Arifin, “Pentingnya Pendidikan Kewirausahaan pada Mahasiswa dengan Memanfaatkan Teknologi Digital Sebagai Upaya Menghadapi Revolusi 4.0,” Proc. ICECRS, vol. 2, no. 1, pp. 281–285, 2019, doi: 10.21070/picecrs.v2i1.2382.
I. P. Satrianny, D. Djohan, P. Kewirausahaan, P. Digital, and S. Bisnis, “Peran Teknologi dalam Pendidikan Kewirausahaan: Analisis Penggunaan Platform Digital untuk Pembelajaran Kewirausahaan,” vol. 7, pp. 10157–10162, 2024.
S. Rahayu, T. Susilawati, D. Iskandar, F. Nuramat, M. Najib, and A. Fadhilah Majid, “Komunikasi Fundamental pada Pendidikan Kewirausahaan Bagi Generasi Digital,” ADI Bisnis Digit. Interdisiplin J., vol. 4, no. 2, pp. 81–87, 2023, doi: 10.34306/abdi.v4i2.997.
R. Savira, S. Widayati, and L. Marliyah, “Efektifitas Pembelajaran Kewirausahaan Era Digital Di SMA Negeri 1 Ulujami Pemalang,” J. Econ. Educ. Entrep., vol. 35, no. 4, pp. 35–41, 2023, [Online]. Available: http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jeee
K. H. Asri, “Pengembangan Ekonomi Kreatif di Pondok Pesantren Melalui Pemberdayaan Kewirausahaan Santri Menuju Era Digital 5.0,” Sharia Econ. J., vol. 1, no. 1, pp. 17–26, 2022, doi: 10.37010/alif.v1i1.710.
S. Mulyati, “Analisis Peran dan Peluang Technopreneurship di Era Revolusi Industri 4.0 dalam Perspektif Ilmu Pendidikan Kewirausahaan,” J. Educ., vol. 04, no. 04, pp. 1911–1919, 2022.
L. Aras, S. DH, M. Amran, and N. A. Dzikru, “Hubungan Antara Kreativitas Guru Dengan Minat Belajar Siswa Di Sekolah Dasar,” Autentik J. Pengemb. Pendidik. Dasar, vol. 6, no. 1, pp. 101–111, 2022, doi: 10.36379/autentik.v6i1.163.
DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19045
Refbacks
- There are currently no refbacks.
SNTEKAD managed by:
Education Studies, Ph.D. Program
(Program Studi Pendidikan Program Doktor)
Universitas Ahmad Dahlan
Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta