Studi literatur tentang pembelajaran matematika berbasis teknologi dengan pendekatan kearifan lokal

Usman Usman

Abstract


Penelitian ini merupakan studi literatur yang bertujuan untuk mengeksplorasi tantangan dan peluang dalam penerapan pembelajaran matematika berbasis teknologi dengan pendekatan kearifan lokal di era digital. Melalui telaah berbagai sumber literatur, penelitian ini mengidentifikasi tantangan utama seperti keterbatasan infrastruktur teknologi, kurangnya pelatihan guru dalam penggunaan teknologi, serta kesulitan dalam menyelaraskan konten matematika dengan elemen kearifan lokal. Selain itu, kesenjangan akses teknologi antara daerah perkotaan dan pedesaan menjadi hambatan dalam implementasi yang merata. Di sisi lain, peluang yang muncul dari integrasi teknologi dan kearifan lokal sangat potensial, antara lain pengembangan media pembelajaran yang lebih interaktif, personalisasi pembelajaran sesuai konteks budaya, serta peningkatan motivasi siswa dalam belajar matematika. Teknologi seperti aplikasi mobile, platform pembelajaran daring, dan realitas tertambah yang digunakan untuk mengaitkan konsep matematika dengan nilai-nilai budaya lokal, menjadikannya lebih relevan dan kontekstual bagi siswa. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa penerapan pembelajaran matematika berbasis teknologi dengan pendekatan kearifan lokal tidak hanya meningkatkan kualitas pendidikan, tetapi juga memperkuat identitas budaya siswa. Namun, kesuksesannya memerlukan dukungan kebijakan, pelatihan guru, dan pengembangan infrastruktur teknologi yang memadai.

Full Text:

PDF

References


F. Y. Liriwati, “Revolusi digital dan merdeka belajar: Meningkatkan daya saing siswa di era teknologi,” J. Innov. Educ., vol. 1, no. 3, pp. 221–231, 2023.

M. Muhlisin and others, “Revolusi Digital Pendidikan: Tantangan dan Peluang Dalam Menghadapi Era Teknologi Informasi,” Cigarskruie J. Educ. Islam. Res., vol. 1, no. 2, pp. 109–124, 2024.

S. R. Herman, A. Satria, W. A. D. Hutabarat, and S. Thalia, “Revolusi Digital Arsitektur Multimedia Sebagai Fondasi Ruang Pembelajaran TIK,” J. Penelit. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 80–92, 2024.

M. Rahmawati et al., “Peran Guru dalam Merancang Pembelajaran Berbasis Kearifan Lokal di Masa Pandemi,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 6, no. 3, pp. 1527–1539, 2021.

N. Cahyana, S. Rustiani, S. Djafar, and N. Nurdin, “Literature Review: Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Matematika Berbasis Geogebra,” J. Educ. Res., vol. 5, no. 4, pp. 4391–4399, 2024.

M. S. Winata and R. N. Nugraha, “Transformasi Digital Dalam Pendidikan Indonesia Untuk Menghadapi Era Industri 4.0: Tantangan Dan Peluang,” Sindoro Cendekia Pendidik., vol. 4, no. 5, pp. 101–110, 2024.

A. Tohir, F. Handayani, R. Sulistiana, V. Wiliyanti, T. Arifianto, and L. Husnita, “Analisis Penerapan Augmented Reality Dalam Proses Pemahaman Pembelajaran,” J. Rev. Pendidik. Dan Pengajaran, vol. 7, no. 3, pp. 8096–8102, 2024.

L. Khamdanah, A. S. Anjani, and others, “Pengaruh Pembelajaran Berbasis HOTS terhadap Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis,” in SANTIKA: Seminar Nasional Tadris Matematika, 2023, pp. 371–383.

U. Usman, R. Amaludin, W. O. S. Amalia, and M. Muliyani, “Efektivitas Media Pembelajaran E-Lumak Berbasis Moodle dan Tingkat Pendapatan Orang Tua Terhadap Hasil Belajar Statistik Pendidikan di Masa Pandemi Covid-19,” J. Cendekia J. Pendidik. Mat., vol. 5, no. 1, pp. 286–301, 2021.

U. Usman, A. Arfin, R. Amaludin, N. Nurlina, and R. Risnajayanti, “Analisis Penerapan Media Pembelajaran berbasis E-Lumak pada Mata Kuliah Statistik Pendidikan PG-PAUD UM Kendari,” J. Educ. Teach., vol. 3, no. 1, pp. 1–11, 2022.

D. E. Subroto, S. Supriandi, R. Wirawan, and A. Y. Rukmana, “Implementasi Teknologi dalam Pembelajaran di Era Digital: Tantangan dan Peluang bagi Dunia Pendidikan di Indonesia,” J. Pendidik. West Sci., vol. 1, no. 07, pp. 473–480, 2023.

U. Sunarya, “Kendala Penggunaan Teknologi Informasi dalam Proses Pengembangan Materi Pembelajaran PAI di Madrasah Tsanawiyah,” Epistemic J. Ilm. Pendidik., vol. 3, no. 1, pp. 149–165, 2024.

H. Y. Seputro et al., “Dampak Sosioteknologi dan Perkembangan Komunikasi Era Digital di Daerah Pedalaman,” Pros. Simp. Nas. Perpajakan., vol. 1, no. 1, pp. 61–70, 2021.

M. R. Fauza, B. Baiduri, S. Inganah, R. Sugianto, and R. Darmayanti, “Urgensi Kebutuhan Komik: Desain Pengembangan Media Matematika Berwawasan Kearifan Lokal di Medan,” Delta-Phi J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, pp. 130–146, 2023.

L. Nuraini, “Integrasi nilai kearifan lokal dalam pembelajaran matematika sd/mi kurikulum 2013,” J. Pendidik. Mat., vol. 1, no. 2, 2022.




DOI: https://doi.org/10.12928/sntekad.v2i1.19046

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


SNTEKAD managed by:

Education Studies, Ph.D. Program

(Program Studi Pendidikan Program Doktor)

Universitas Ahmad Dahlan

Jl. Pramuka No. 42, Yogyakarta