Problematika Pembelajaran Pecahan Pada Siswa Sekolah Menengah Pertama

Nur Lailatul Fitri, Suparman Suparman

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui problematika siswa kelas VII dalam menyelesaikan masalah pecahan. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 1 Piyungan pada semester gasal. Subjek dari penelitian ini terdiri dari 30 siswa kelas VII-D. Jenis penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan, pelaksanaan, dan analisis data. Pada tahap persiapan, peneliti menghimpun soal-soal ujian nasional sebanyak 10 soal. Selanjutnya, peneliti mengujicobakan soal tersebut pada tahap pelaksanaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa problematika yang dialami siswa dalam menyelesaikan masalah pecahan. Pertama dalam menyelesaikan soal cerita, sebagian besar siswa kesulitan dalam memaknai soal sehingga tidak bisa menginterpretasikan soal cerita ke dalam bentuk kalimat matematika. Kedua dalam menyelesaikan operasi hitung camppuran, siswa salah dalam menerapkan aturan operasi hitung campuran. Siswa mendahulukan operasi penjumlahan daripada pembagian. Ketiga dalam mengurutkan pecahan, siswa banyak melakukan kesalahan dalam mengubah bentuk pecahan, baik desimal atau persen ke pecahan biasa maupun sebaliknya.


Full Text:

PDF (105-110)

Refbacks

  • There are currently no refbacks.