Pengaruh Pembelajaran Edmodo terhadap Minat dan Hasil Belajar Mahasiswa

Puput Wahyu Hidayat, Abdulah Abdulah

Abstract


Setiap mahasiswa perlu diperhatikan tentang hasil belajar matematika di dalam proses kegiatan pembelajaran matematika. Selain hal tersebut, kemampuan afektif mahasiswa juga harus diperhatikan dalam pembelajaran. Salah satu yang harus diperhatikan adalah minat belajar mahasiswa. Mahasiswa yang memiliki niat yang baik dalam pembelajaran, akan mendapatkan hasil yang memuaskan. Sehingga, antara sisi kognitif dan afektif dapat berjalan seimbang. Untuk mendapatkan hasil akhir yang maksimal antara minat dan hasil belajar mahasiswa, pembelajaran harus dilakukan dengan menyesuaikan perkembangan zaman, salah satunya adalah pembelajaran dengan berbasis teknologi.

Salah satu usaha yang dapat dilakukan dalam meningkatkan minat dan hasil belajar mahasiswa adalah dengan memilih pendekatan, strategi atau metode pembelajaran yang tepat. Minat dan hasil belajar mahasiswa dapat ditingkatkan secara optimal jika dilakukan dengan pembelajaran yang baik, salah satunya adalah yang berbasis teknologi. Saat ini, hampir seluruh mahasiswa menggunakan smartphone untuk memenuhi kebutuhan.

Dalam kurikulum perguruan tinggi, mahasiswa dituntut lebih aktif dalam kegiatan pembelajaran, baik dalam pembelajaran tatap muka maupun pembelajaran mandiri. Dalam pembelajaran mandiri, mahasiswa dibebankan waktu yang lebih banyak. Sehingga pendidik harus dapat memanfaatkan waktu dengan baik, sehingga minat dan hasil belajar mahasiswa sesuai dengan yang diharapkan. Oleh karena itu, perlu dilakukan penelitian tentang pembelajaran yang mampu meningkatkan minat dan hasil belajar yang berbasis teknologi, yaitu dengan menggunakan Edmodo.

Berdasarkan permasalahan tersebut, penelitian ini bertujuan untuk menganalis pengaruh pembelajaran berbasis Edmodo terhadap minat dan hasil belajar Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Selanjutnya, tujuan penelitian dalam jangka panjang adalah sebagai referensi pendekatan pembelajaran berbasis teknologi yang tepat, disenangi oleh mahasiswa serta sebagai bahan kajian yang dapat dipublikasikan dalam jurnal nasional yang memiliki ISSN maupun Seminar Nasional.

Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu dengan desain pretest-posttest nonequivalent group design. Penelitian dilakukan pada Mahasiswa Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo Tahun akademik 2018/2019. Instrumen yang digunakan berupa angket minat belajar dan soal tes hasil belajar yang divalidasi oleh ahli matematika untuk mengukur minat dan hasil belajar mahasiswa. Selanjutnya, data di analisis dengan menggunakan uji analisis deskriptif, uji analisis inferensial yang mencakup uji normalitas, homogenitas dan uji t.

Hasil penelitian yang telah dilaksanakan adalah terlihat mahasiswa pada kelas eksperimen sangat antusias dalam mengikuti pembelajaran berbasis Edmodo. Serta instrument penelitian yang digunakan telah divalidasi oleh ahli, serta kedua kelas memiliki hasil uji persyaratan yang berdistribusi normal dan homogen.


Keywords


minat, hasil belajar, edmodo

Full Text:

PDF

References


Albanese, M. A., & Mitchell, S. (2009). “Problem-based learning: A review of literature on its outcomes and implementation issues.”Academic Medicine, 68 (1) 52 81.

Anisyah. 2000. Analisa dan Desain Sistem Informasi. Yogyakarta: Andi.

Buyens, J. 2001. Web Database Development. Jakarta: Elex Media Komputindo.

Dhanta, R. 2009. Pengantar Ilmu Komputer. Surabaya: Indah.

Dimyati & Mudjiono. 2013. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Muhson, Ali. 2009. Peningkatan Minat Belajar dan Pemahaman Mahasiswa Melalui Penerapan Problem-Based Learning. Jurnal Kependidikan Universitas Negeri Yogyakarta, Volume 39, nomor (1), 171-182.

Hamalik, O. 2011. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Hidayat, Puput Wahyu., & Widjajanti, Djamilah Bondan. 2018. Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif dan Minat Belajar Siswa dalam Mengerjakan Soal Open Ended dengan Pendekatan CTL. Phytagoras: Jurnal Pendidikan Matematika, Volume 13, nomor (1):65.

Roger, S. P. 2012. Rekayasa Perangkat Lunak (Pendekatan Praktisi) Edisi 7: Buku 1. Yogyakarta: Andi.

Sardiman. 2011. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, N. 2009. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Uno, H.B. 2011. Teori Motivasi dan Pengukurannya: Analisis di Bidang Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.