PENGEMBANGAN BUKU PANDUAN PERMAINAN TRADISIONAL DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA TEMA 1 UNTUK KELAS I SEKOLAH DASAR

Diana Putri Utami, Christiyanti Aprinastuti, Elisabeth Desiana Mayasari

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya referensi buku untuk guru mengajarkan materi matematika dengan permainan yang menyenangkan. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui prosedur pengembangan buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika; dan (2) mengetahui kualitas buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika tema 1 kelas I SD.

         Penelitian ini merupakan jenis penelitian dan pengembangan (R&D). Subjek penelitian ini adalah guru kelas I di SD Negeri Kintelan 1 Yogyakarta. Objek penelitian ini adalah buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan kuesioner.

         Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) prosedur penelitian dan pengembangan buku panduan permainan tradisional dalam pembelajaran matematika menggunakan langkah ADDIE, yaitu analyze, design, development, implementation, evaluate; (2) kualitas buku panduan  permainan tradisional dalam pembelajaran matematika tema 1 kelas I SD adalah baik dengan skor 4,08 dan memenuhi sepuluh kriteria buku panduan menurut Greene dan Petty, yaitu (1) menarik minat bagi yang mempergunakannya, (2) mampu memotivasi bagi yang memakainya, (3) memuat ilustrasi yang menarik hati bagi yang memanfaatkannya, (4) mempertimbangkan aspek linguistik sesuai dengan kemampuan yang memakainya, (5) memiliki hubungan erat dengan pelajaran lainnya, (6) dapat menstimulasi dan merangsang aktivitas-aktivitas pribadi yang menggunakannya, (7) dengan sadar dan tegas menghindari konsep-konsep yang samar-samar agar tidak membingungkan pemakainnya, (8) memiliki sudut pandang yang jelas dan tegas, (9) mampu memberi pemantapan dan penekanan pada nilai-nilai anak dan orang dewasa, dan (10) mampu menghargai perbedaan-perbedaan pribadi para pemakainnya.


Keywords


penelitian dan pengembangan, buku panduan, permainan tradisional, matematika

Full Text:

PDF

References


Aisyah, Nyimas, dkk. 2008. Pengembangan pembelajaran matematika SD. Jakarta: Depdiknas

Branch, Robert Maribe. 2009. Instructional design: The ADDIE appoarch. USA: Springer

Kristiani, Dian 2015. Ensiklopedia negeriku: Permainan tradisional. Jakarta: PT Buana Ilmu

Populer Kelompok Gramedia

Kurniati, Euis. 2016. Permainan Tradisional dan Peranannya dalam mengembangkan keterampilan

sosial anak. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama

Pribadi, Benny A. 2014. Desain dan pengembangan program pelatihan berbasis kompetensi:

Implementasi model ADDIE. Jakarta: PRENADA MEDIA GROUP

Pusat Perbukuan. 2008. Pedoman penulisan buku nonteks: Buku pengayaan, referensi, dan panduan

pendidik. Jakarta: Pusat Perbukuan Depdiknas

Runtukahu, Tombokan, dan Selpius, Kandou. 2014. Pembelajaran matematika dasar bagi anak

berkesulitan belajar. Yogyakarta: AR-RUZZ MEDIA

Sitepu, B. P. 2012. Penulisan buku teks pelajaran. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. 2011. Metode penelitian kuantitatif, kualitatif, dan kombinasi (mixed methods). Bandung:

Alfabeta

Sukardjo. 2008. Kumpulan materi evaluasi pembelajaran. Yogyakarta: UNY

Tegeh, I Made, Nyoman I, J., dan Ketut Pudjawan. 2014. Model penelitian pengembangan.

Yogyakarta: GRAHA ILMU

Utomo, Asep Purwo Yudi. 2008. Pengembangan buku panduan menulis laporan dengan pendekatan

kontekstual bagi siswakKelas VIII SMP. Semarang: Universitas Negeri Semarang


Refbacks

  • There are currently no refbacks.