SISTEM ZONASI, ANTARA REALITA DAN HARAPAN

Irfan Arifuddin, Novita Wulan Sari, Sadani Haryo Susanto, Ika Candra Sayekti

Abstract


Pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) merupakan salah satu seleksi bagi calon peserta didik yang dilakukan oleh satuan pendidikan. PPDB tahun ajaran 2018/2019 berpedoman pada Permendikbud No.14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru pada Taman Kanak-Kanak, Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama, Sekolah Menengah Atas, Sekolah Menengah Kejuruan, atau Bentuk Lain yang Sederajat. Salah satu poin penting dari UU No.14 Tahun 2018 tersebut yaitu dengan diterapkannnya sistem zonasi. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan sistem zonasi di sekolah dasar yang berada di Kota Surakarta. Metode penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Subyek penelitian terdiri dari Kepala Dinas Pendidikan Kota Surakarta, dan beberapa Kepala Sekolah yang berada di Kota Surakarta diantaranya: SD N 1 Karangasem, SD N 2 Kleco dan SD N 3 Pajang dan SD Djamaatul Ichwan Program Utama. Analisis data menggunakan alur dari Miles yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Validitas data yang digunakan yakni triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukan bahwa sistem zonasi yang diterapkan di Kota Surakarta menimbukan berbagai permasalahan seperti jumlah rombel tidak terpenuhi, radius zona di beberapa tempat di rasa belum sesuai, ketidakikutsertaan sekolah swasta yang terdaftar dalam juknis. Sedangkan dari sisi pelaksanaan apabila di lihat dari sumber daya yang ada mulai dari pihak dinas dan sekolah terkait berusaha melaksanakan program yang telah di buat oleh pemerintah semaksimal mungkin.

Full Text:

PDF

References


Aprilia, L. H., & Weni, R. (2018). Implementasi Kebijakan Penerimaan Peserta Didik Baru ( PPDB ) Di Sma Negeri 4 Kota Madiun Tahun 2017. Skripsi. Universitas Negeri Surabaya.

Bintoro, R. F. (2018). Persepsi Masyarakat Terhadap Implementasi Kebijakan Zonasi Sekolah Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tingkat SMA Tahun Ajaran 2017/2018 Di Kota Samarinda. Jurnal Riset Pembangunan, 1, 53.

Darmadi, H. (2013). Metode Penelitian Pendidikan dan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Dessthania, S. R. (2016, September 7). UNESCO Soroti Kesenjangan Kualitas Pendidikan di Indonesia. https://m.cnnindonesia.com/nasional/20160906155806-20-156462/unesco-soroti-kesenjangan-kualias-pendidikan-pendidikan. Diakses tanggal 09 Mei 2018

Muhammad, I. (2018). Sistem Zonasi, SD Pinggiran & SMP Nonunggulan di Solo Sepi Peminat.https://m.solopos.com/soloraya/read/20180706/489/926338/sistem-zonasi-sd-pinggiran-smp-nonunggulan-di-solo-sepi-peminat. Diakses tanggal 09 Mei 2019

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2018/2019

Petunjuk Teknis Penyelenggaraan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Kota Surakarta Tahun Pelajaran 2019/2020

Permendikbud Nomor 17 Tahun 2017 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Permendikbud Nomor 14 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru Permendikbud Nomor 51 Tahun 2018 tentang Penerimaan Peserta Didik Baru

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 5

UU Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sisdiknas pasal 11


Refbacks

  • There are currently no refbacks.