PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK KOMPREHENSIF BERBASIS BUDAYA NUSANTARA UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR

Hanum Hanifah Sukma, Norma Evitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan    untuk    (1)    mengembangkan    media audio visual berbasis budaya nusantara pada pembelajaran  menyimak  ;  (2)  menguji  kelayakan  produk  media audio visual sebagai  media  pembelajaran  menyimak  pada  kelas  III  Sekolah  Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ADDIE dengan lima   tahap   sebagai   berikut:   Analisis   (analyze),   Perancangan   (design),   (3) Pengembangan   (development),   (4)   Implementasi   (implementation),   dan   (5) Evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar.  Teknik  pengumpulan  data  menggunakan  angket, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Validasi media dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran untuk menyempurnakan media yang akan  dikembangkan.  Hasil  penelitian  yang  telah  dilakukan  menunjukan  bahwa dari  ahli  media  sebesar  82%  kategori  sangat  layak,  ahli  materi  sebesar  83% kategori  sangat  layak,  ahli  pembelajaran  sebesar  80%  kategori  sangat  layak. Penelitian ini layak digunakan pada kelas III Sekolah Dasar untuk   mendukung   keterampilan   menyimak   siswa   dan   menanamkan   nilai kebudayaan nusantara dan karakter menghargai perbedaan.

Kata kunci :Audio visual, Menyimak, Budaya, Nusantara


Keywords


Audio visual, listening, culture, archipelago

Full Text:

PDF

References


Gulec, N. D. 2015. A Study Aiming To Develop Listening Skills Of Elementary. Procedia -Social and Behavioral Sciences 191, 103-109.

Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosda Karya.

Nurgiyantoro, B. 2016. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada university Press.

Omih. 2017. Penerapan Metode Bercerita dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat pada Siswa Kelas V SD N Panyingkiran 3 Kabupaten Sumedang. MDP. Vol. 8. No. 1. Februari 2017.

Putra, I Gusti Lanang., dkk. 2014. Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SD N 1 Selat. e-Jurnal Edutech. Vo. 2. No. 1.

Saddhono dkk. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Saragih, Maria S. 2015. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal PGSD FKIPUntanPontianak. http://jurnal.untan.ac.id/ index. php/jpdpb/article/view/9127. diakses pada tanggal 16 Oktober 2018.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.

Utaminingrum, Septiana. 2015. Pengaruh Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V SD di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.