PENGEMBANGAN MEDIA AUDIO VISUAL SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MENYIMAK KOMPREHENSIF BERBASIS BUDAYA NUSANTARA UNTUK KELAS III SEKOLAH DASAR
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengembangkan media audio visual berbasis budaya nusantara pada pembelajaran menyimak ; (2) menguji kelayakan produk media audio visual sebagai media pembelajaran menyimak pada kelas III Sekolah Dasar. Jenis penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan ADDIE dengan lima tahap sebagai berikut: Analisis (analyze), Perancangan (design), (3) Pengembangan (development), (4) Implementasi (implementation), dan (5) Evaluasi (evaluation). Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas III Sekolah Dasar. Teknik pengumpulan data menggunakan angket, wawancara dan observasi. Penelitian ini menggunakan dua macam teknik analisis data yaitu analisis kualitatif dan analisis kuantitatif. Validasi media dilakukan oleh ahli media, ahli materi dan ahli pembelajaran untuk menyempurnakan media yang akan dikembangkan. Hasil penelitian yang telah dilakukan menunjukan bahwa dari ahli media sebesar 82% kategori sangat layak, ahli materi sebesar 83% kategori sangat layak, ahli pembelajaran sebesar 80% kategori sangat layak. Penelitian ini layak digunakan pada kelas III Sekolah Dasar untuk mendukung keterampilan menyimak siswa dan menanamkan nilai kebudayaan nusantara dan karakter menghargai perbedaan.
Kata kunci :Audio visual, Menyimak, Budaya, Nusantara
Keywords
Full Text:
PDFReferences
Gulec, N. D. 2015. A Study Aiming To Develop Listening Skills Of Elementary. Procedia -Social and Behavioral Sciences 191, 103-109.
Iskandarwassid. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung : Remaja Rosda Karya.
Nurgiyantoro, B. 2016. Sastra Anak Pengantar Pemahaman Dunia Anak. Yogyakarta: Gajah Mada university Press.
Omih. 2017. Penerapan Metode Bercerita dalam Upaya Meningkatkan Kemampuan Menyimak Cerita Rakyat pada Siswa Kelas V SD N Panyingkiran 3 Kabupaten Sumedang. MDP. Vol. 8. No. 1. Februari 2017.
Putra, I Gusti Lanang., dkk. 2014. Pengembangan Media Video Pembelajaran dengan Model ADDIE pada Pembelajaran Bahasa Inggris di SD N 1 Selat. e-Jurnal Edutech. Vo. 2. No. 1.
Saddhono dkk. 2014. Pembelajaran Keterampilan Berbahasa Indonesia Teori dan Aplikasi. Yogyakarta: Graha Ilmu.
Saragih, Maria S. 2015. “Penggunaan Media Audio Visual Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Menyimak Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia”. Jurnal PGSD FKIPUntanPontianak. http://jurnal.untan.ac.id/ index. php/jpdpb/article/view/9127. diakses pada tanggal 16 Oktober 2018.
Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar & Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta: Prenadamedia Group.
Utaminingrum, Septiana. 2015. Pengaruh Media Audiovisual Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Keterampilan Menyimak Cerita Siswa Kelas V SD di Kecamatan Pandak Bantul Daerah Istimewa Yogyakarta. Skripsi.Universitas Negeri Yogyakarta.
Refbacks
- There are currently no refbacks.