IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL DALAM MEMBENTUK KEDISIPLINAN SISWA PADA KEGIATAN BELAJAR MENGAJAR DI SD NEGERI KLITREN YOGYAKARTA

Sofhia Winda Dwijayanti Dami, Erlin Maulida Puspitasari, Linda Rusmita, Benedikta Herlina Seran

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) implementasi pembelajaran IPS dalam membentuk kedisiplinan siswa, (2) faktor penghambat, dan (3) solusi untuk mengatasi hambatan dalam implementasi pembelajaran IPS dalam membentuk kedisiplinan siswa. Metode penelitian adalah penelitian kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Metode analisis data menggunakan lembar observasi dan wawancara. Keabsahan data menggunakan triangulasi. Teknik analisis data menggunaan analisis Miles and Hubberman yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Guru menanamkan kedisplinan dengan memberikan nasehat kepada siswa yang kurang disiplin dan memberikan contoh kepada siswa tentang bagaimana mematuhi tata tertib, sehingga siswa dapat mengikutinya. (2) Faktor penghambat adalah faktor subjektif siswa, yaitu kurangnya kesadaran siswa untuk disiplin di sekolah. (3) Solusi untuk mengatasi hambatan tersebut adalah guru memberikan teguran, nasehat, dan contoh dalam mematuhi tata tertib.


Full Text:

PDF

References


Amri, Sofan. 2013. Pengembangan & Model Pembelajaran Dalam Kurikulum 2013. Jakarta: PT Prestasi Pustakaraya.

Tu’u Tulus. 2008. Peran Disiplin Pada Perilaku dan Prestasi Siswa. Jakarta: PT Grasindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.