HABITUASI KARAKTER UNGGUL SISWA SEKOLAH DASAR MELALUI OPTIMALISASI PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DI KABUPATEN SINTANG

Lusila Parida, Serilus Sirhi, Daniel Dike

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan gambaran  mengenai peran kepala sekolah dalam penanaman nilai-nilai karakter unggul di sekolah dasar Kabupaten  Sintang, Kalimantan Barat. Disian penelitian menggunakan penelitian studi kasus di sekolah model Sekolah Dasar  Negeri 07 Sintang, dan sekolah islam Madrasah Ibtidaiyah Negeri Sintang. Penelitian ini mengkaji fakta dan fenomena peran kepala sekolah dalam implementasi nilai-nilai karakter unggul di sekolah. Pemilihan subyek penelitian dengan metode sampling area dengan perimbangan karakteristik khusus sekolah berlatar sekolah model dan sekolah islam. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi dan wawancara mendalam terhadap kepala sekolah dan guru serta studi dokumen yang relevan dengan implementasi pendidikan karakter. Subyek penelitian berjumlah 61 orang yang terdiri dari 2 kepala sekolah dan 59 guru. Validitas data dilakukan melaui proses triangulasi. Hasil penelitian menujukan bahwa proses habituasi karakter unggul di sekolah model didukung oleh peran kepala sekolah sebagai manager, sedangkan habituasi karakter unggul di sekolah Madrasah Iptidayah Negeri diperkuat melalui peran kepala sekolah sebagai motivator. Agar proses habituasi karakter unggul dapat terwujud maka kepala sekolah harus melakukan kombinasi peran kepemimpinannya serta membudayakan sekolah sebagai komunitas peduli, mengembangkan diskusi-diskusi kelas, menciptakan kelas yang demokratis dan meningkatkan kegiatan literasi sastra, sains dan sejarah.

Full Text:

PDF

References


Arief Ikhsanudin. (2019, May 27). KPPAD Kalbar: Kasus Audrey berlanjut ke pengadilan.

DetikNews. Retrieved from https://news.detik.com/berita/d-4566180/kppad-

kalbar-kasus-audrey-berlanjut-ke-pengadilan

Arif Maulana, Pratiwi Febri, . Yunita et. all. (2018). Demokrasi di persimpangan: catatan

akhir tahun LBH Jakarta 2018. Jakarta. Retrieved from

https://www.bantuanhukum.or.id/web/wp-content/uploads/2018/12/catahu-lbh-

jakarta-2018.pdf

Ary, D., Jacobs, L.C., & Sorensen, C. (2010). Introduction to research in education

(eighth). Belmont: wadsworth Cengage Learning.

Asgart, S. . (2011). Keadilan restoratif bagi anak berhadapan dengan hukum (ABH)

(Kasus Jakarta, Surabaya, Denpasar, dan Medan). Jakarta. Retrieved from

https://www.academia.edu/4453465/YLBHI_Keadilan_Restoratif_bagi_Anak_ya

ng_Bermasalah_dengan_Hukum_ABH_Laporan_Penelitian_2011_?auto=downlo

ad

Bamkin, S. (2015). Moral education at japanese elementary school. Tokio: Churchill

Felow. Retrieved from https://www.wcmt.org.uk/sites/default/files/report-

documents/Bamkin S Report 2015 Final_0.pdf

BHP UMY. (2018, September 29). Krisis moral dan etika bangsa indonesia masih sulit

dikendalikan. Universitas Muhamadiyah Yogyakarta. Retrieved from

http://www.umy.ac.id/krisis-moral-dan-etika-bangsa-indonesia-masih-sulit-

dikendalikan.html

David H. Elkind and Freddy Sweet. (2019). How to do character education. Los Angeles.

Retrieved from https://www.goodcharacter.com/how-to-articles/how-to-do-

character-education/

Eaude, T. (2008). Children’s piritual, moral, social and cultural development: Primary

and early years (Second edi). Newcastle: Learning Matters. Retrieved from

http://webarchive.nationalarchives.gov.uk/20130123124929/http://www.education

.gov.uk/schools/teachingandlearning/curriculum/a00199700/spiritual-and-moral

Fahreza Risky. (2018, May 25). Bocah sd hamili pacarnya, tamparan keras bagi dunia

pendidikan. Oke News, pp. 1–2. Retrieved from

https://news.okezone.com/read/2018/05/25/519/1902482/bocah-sd-hamili-

pacarnya-tamparan-keras-bagi-dunia-pendidikan?page=2

Iman Gunawan. (2015). Metode penelitian kualitatif. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Jansen, H. (2010). The logic of qualitative survey research and its position in the field of

social research methods. Forum Qualitative Sozialforschung/ Forum: Qualitative

Social Research, 11(2). https://doi.org/10.17169/FQS-11.2.1450

Marvin Berkowitz. (1995). As quoted in the character education informational: Handbook

& guide. North Carolina: Public Intruction. Retrieved from

http://www.ncpublicschools.org/charactereducation/handbook/pdf/content.pdf)

Miles, Matthew & Huberman, M. (1994). Qualitative data analysis. Thousand Oaks, CA.:

Sage Publications.

Murdaningsih, D. (2016, October 13). Komisi x prihatin 31 juta siswa sd pustus sekolah.

Republika. Retrieved from https://republika.co.id/berita/dpr-ri/berita-dpr-

ri/oezapi368/komisi-x-prihatin-31-juta-siswa-sd-putus-sekolah

Suyanto. (2014). Pembelajaran karakter di sekolah. Yogyakarta. Retrieved from

http://eprints.uny.ac.id/20641/1/PPT-PEMBELAJARAN KARAKTER LPPM

UNY.pptx

Thomas Lickona. (1993, November 1). The return of character education. Educational

Leadership. Retrieved from http://www.ascd.org/publications/educational-

leadership/nov93/vol51/num03/The-Return-of-Character-Education.aspx

Tim Kementrian Keuangan Indonesia. (2019, April 16). Indeks pembangunan manusia

indonesia tahun 2018 meningkat. Kementrian Keuangan Republik Indonesia.

Retrieved from https://www.kemenkeu.go.id/publikasi/berita/indeks-

pembangunan-manusia-indonesia-tahun-2018-meningkat/

Wahidin. (2018, March 18). Jumlah anak-anak terlibat kejahatan meningkat di sintang.

Tribun Kalbar. Retrieved from

http://pontianak.tribunnews.com/2018/03/19/jumlahanak-anak-terlibat-kejahatan-

meningkat-disintang

Zbar, V., Marshall, G., & Power, P. (2007). Better Schools, Better Teachers, Better

Results: A Handbook for Improved Performance Management in Your School.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.