Penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontekstual pada konsep usaha dan energi

Een Ibrahim, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini memaparkan hasil penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontekstual untuk meningkatan hasil belajar kognitif pada konsep usaha dan energi. Penelitian eksperimen ini menggunakan rancangan pretest-posttest control group design. . Sampel penelitian sebanyak 56 peserta didik ditentukan dengan teknik cluster random sampling. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah tes tertulis bentuk uraian dan angket. Analisis data dilakukan dengan rerata gain ternormalisasi dan persentase. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa kelas eksperimen yang menggunakan modul pembelajaran fisika model REACT memiliki nilai pretest 20,6; posttest 61,2; nilai gain 0,5 (kategori sedang) dan kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran langsung memiliki nilai pretest 21,2; posttest 56,5; dan nilai gain 0,4 (kategori sedang). Rerata persentase tanggapan minat peserta didik > 61 % setuju dapat meningkatkan minat belajar fisika peserta didik. Hasil ini menunjukkan penerapan modul pembelajaran fisika model REACT berbasis kontekstual efektif meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik serta mampu meningkatkan minat belajar peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Bakri, M. 2017. Pengembangan Modul Pembelajaran Fisika untuk SMA/MA Kelas X Semester Ganjil Berbasis Pendekatan Saintifik. Tesis. Tidak diterbitkan. (Gorontalo: Pascasarjana, Universitas Negeri Gorontalo).

Ismayana S. N., Subiki, & Harijanto A. 2015. Penerapan Model Pembelajaran REACT terhadap Motivasi dan Hasil Belajar dalam Pembelajaran Fisika di SMA. Jurnal Pendidikan Fisika, Vol. 4, No. 2. Hal. 2-3.

Noersasongko, E. 2009. Jurnal Penyesuaian dengan Modus Pembelajaran untuk Siswa SMK Kelas X. Jurnal Teknik Informasi. Vol. 5, No. 2, Oktober 2009. ISSN 1414-9999.

Indriyanti, N. Y., & Susilowati E. 2010. Pengembangan Modul. (Surakarta: Universitas Sebelas Maret).

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. (Bandung: ALFABETA cv).

Jumiati, S. M., & Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Head Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lecture. Hal. 161-185.

Arikunto, S. 2010. Manajemen Penelitian. (Jakarta: Rineka Cipta).

Selamet, I. 2013. Pengaruh Model Pembelajaran Kontekstual REACT terhadap Pemahaman Konsep Fisika dan Keterampilan Proses Sains Siswa Kelas VIII SMP. E-jurnal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha, Program Studi IPA. Vol. 03. Hal 11.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter