Penerapan perangkat pembelajaran fisika berbasis kearifan lokal untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada konsep besaran dan satuan

Hadriani Utiah, Yoseph Paramata

Abstract


Penelitian ini memaparkan tentang upaya peningkatan kemampuan berpikir kritis peserta didik pada konsep Besaran dan Satuan melalui penerapan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal (Local Wisdom). Penelitian ini menggunakan metode kuasi experimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttes Design. Sampel penelitian adalah peserta didik SMK Pertanian kelas X suatu sekolah di Kabupaten Gorontalo yang dipilih dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis, lembar observasi aktivitas peserta didik, dan angket. Analisis data yang digunakan adalah rerata N-gain ternormalisasi dan presentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal efektif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang ditunjukkan dengan hasil uji N-gain sebesar 0,63 pada kategori sedang; rata-rata hasil observasi aktivitas peserta didik sebesar 84% dengan kategori baik; dan hasil angket menunjukkan respon positif terhadap penerapan perangkat pembelajaran berbasis kearifan lokal.

Full Text:

PDF

References


Peraturan Mentri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 64 tahun 2013 tentang Standar Isi Pendidikan Dasar dan Menengah. Diakses pada tanggal 31 Maret 2017 dari luk.staff.ugm.ac.id/atur/bsnp/Permendikbud64-2013StandarIsi.pdf

Astuti, D.L. (2016). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Aktif Tipe Information Search Berbasis Kearifan Lokal DIY Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Nilai Karakter Siswa SMA. Universitas Negeri Yogyakarta. Diakses pada tanggal 21 Maret 2017 dari http://eprints.uny.ac.id/35529/1/tesis-linda-dwi-astuti-14726251026.pdf

Peraturan Pemerintah RI Nomor 19, Tahun 2005, tentang Standar Nasional Pendidikan. Diakses pada tanggal 31 Maret 2017 dari http://kemenag.go.id/file/dokumen/PP1905.pdf

Peraturan Pemerintah RI Nomor 17, Tahun 2010, tentang Pengelolaan Pendidikan. Diakses pada tanggal 31 Maret 2017 dari www.unpad.ac.ic/wp.../10/PP17-2010-PengelolaanPenyelenggaraPendidikan.pdf

Jumiati, Sari M. & Amelia 2011 Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model NumberHeads Together (THT) pada Materi Gerak Tumbuhan. Leacture 1 161 - 185

Ariesta, S. %. (2011). Pengembangan Perangkat Perkuliahan Kegiatan Laboratorium Fisika Dasar II Berbasis Inkuirri Terbimbing Untuk Meningkatkan Kerja Inilah Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 62-68.

Zaeni, Aulia, J., Hidayah, & Faticahatul, F. 2016. Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournaments (TGT) Pada Materi Termodinamika Kelas XI IPA5 di SMA N 15 Semarang. Seminar Nasional Pendidikan, Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Semarang , 416-425


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter