Profil performance assessment siswa dalam pembelajaran fisika
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil performance assessment siswa dalam pelajaran fisika menggunakan metode Eksperimen. Metode eksperimen dipilih oleh peneliti karena mencakup semua penilaian yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Madiun yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket deskripsi yang dapat mengukur performance assessment yang dimiliki siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya 35% siswa yang memiliki performance assessment dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada persiapan awal siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena kurangnya pembelajaran menggunakan metode Eksperimen yang diberikan oleh guru. Dengan hasil penelitian tersebut sudah terlihat bahwa tingkat performance asessment siswa rendah.
Full Text:
PDFReferences
Abdul majid 2011 perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: ALFABETA
Roestiyah, N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta
Al-Farisi. 2005. Startegi Pembelajaran. Rajawali Pres, Jakarta
Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya. [6] Jihad, A. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
--oo0oo--
QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511