Profil performance assessment siswa dalam pembelajaran fisika

Diah Nurmala, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui profil performance assessment siswa dalam pelajaran fisika menggunakan metode Eksperimen. Metode eksperimen dipilih oleh peneliti karena mencakup semua penilaian yang dibutuhkan dalam proses pembelajaran. Dalam penelitian ini melibatkan siswa kelas VIII MTs Negeri Kota Madiun yang berjumlah 28 siswa. Instrumen yang digunakan berupa angket deskripsi yang dapat mengukur performance assessment yang dimiliki siswa. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hanya 35% siswa yang memiliki performance assessment dalam proses pembelajaran. Hal ini berdampak pada persiapan awal siswa dalam proses pembelajaran. Hal ini terjadi karena kurangnya pembelajaran menggunakan metode Eksperimen yang diberikan oleh guru. Dengan hasil penelitian tersebut sudah terlihat bahwa tingkat performance asessment siswa rendah.

Full Text:

PDF

References


Abdul majid 2011 perencanaan pembelajaran mengembangkan kompetensi guru. Bandung : PT Remaja Rosdakarya

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: ALFABETA

Roestiyah, N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta

Al-Farisi. 2005. Startegi Pembelajaran. Rajawali Pres, Jakarta

Margono, S. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Asdi Mahasatya. [6] Jihad, A. dan Abdul Haris. 2012. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Multi Presindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter