Penerapan modul pembelajaran learning cycle pada materi momentum dan impuls

Sardan K. Yallie, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik pada materi Momentum dan Impuls melalui modul pembelajaran Learning Cycle 5E. Penelitian ini menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Pengambilan sampel dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik Cluster Random Sampling dari peserta didik MA kelas X di Gorontalo. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data dilakukan dengan tes tertulis bentuk uraian, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dan angket. Analisis data dilakukan dengan menggunakan N-gain ternormalisasi dan presentase. Hasil penelitian menunujukan bahwa penerapan modul pembelajaran Learning Cycle 5E dapat meningkatkan hasil belajar kognitif peserta didik dengan N-gain pada pertemuan pertama 0,56 (kategori sedang) dan pertemuan kedua 0,74 (kategori tinggi). Hasil ini juga meningkatkan keterlibatan peserta didik dalam proses belajarnya dengan rerata persentase keterlibatan sebesar 82,5% dan persentase respon peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran Learning Cycle 5E sebesar 88% pada kategori respon sangat positif.

Full Text:

PDF

References


Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas

Nugraha, D.A., Binadja, A., & Supartono. 2013. Pengembangan Bahan Ajar Reaksi Redoks Bervisi Sets, Berorientasi Konstruktivistik. Jounal of Innovative Science Education.

Trianto. 2007. Model Pembelajaran Terpadu dalam Teori dan Praktek. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Yuliati, L. 2008. Model-Model Pembelajaran Fisika. Malang: Lembaga Pengembangan Pendidikan dan Pembelajaran (LP3) Universitas Negeri Malang.

Kurnaz, M. A. & Calik, M. 2008. Using Different Conceptual Change Methods Embedded Within The 5e Model: A Sample Teaching For Heat And Temperature. Journal Of Physics Teacher Education. 5, (1), 1-25

Inaiyah, Z. 2014. Penerapan Pembelajaran Learning Cycle 5e untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep pada Materi Kalor Siswa di SMAN 9 Malang. Malang: Jurusan Fisika FMIPA UM.

Jumiati, S. M., & Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Head Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lecture,161-185

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Setyandaru, T. A., Wahyuni, S., & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 218–224.

Kardi, S. 2002. Strategi Motivasi ARCS. Departemen Pendidikan Nasional. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Nur, M. & 2002. Pengajaran Berpusat Kepada Siswa dan Pendekatan Konstruktivis dalam Pengajaran. Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter