Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan booklet materi momentum untuk kelas X SMA sebagai alternatif sumber belajar mandiri yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Mengetahui kelayakan booklet berdasarkan penilaian ahli materi, ahli media, teman sejawat,guru dan respon siswa terhadap booklet. Produk booklet dikembangan dengan menggunakan model ADDIE. Model pengembangan terdiri dari lima tahap utama, yaitu analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas X IPA 5 SMAN 4 Yogyakarta. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah soal pretes- postes dan angket. Analisis data untuk mengetahui peningkatan hasil belajar menggunakan uji gain score dan aplikasi SPSS dimana uji yang digunakan antara lain uji normalitas, uji homogenitas dan uji paired t-test. Bahan ajar booklet dinyatakan layak sebagai bahan ajar dengan hasil penilaian ahli materi sebesar 79,4%, penilaian ahli media sebesar 75%, dan penilaian teman sejawat sebesar 86,25%. Sedangkan untuk penilaian dari pengguna siswa sebesar 80,8% dan penilaian dari guru sebesar 80,26%. Rata-rata hasil keseluruhan penelitian ini diperoleh 80,34%, hal ini menunjukan booklet layak digunakan. Untuk hasil belajar diperoleh nilai pretes rata-rata sebesar 47, sedangkan untuk nilai postes dengan rata-rata nilai sebesar 72,64. Dengan menggunakan uji paired t test diperoleh nilai sig.(2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 secara statistik terdapat perbedaan sebelum dan sesudah menggunakan booklet. Hasil dari gain score yang diperoleh sebesar 0,48 sehingga kenaikan pada pretes dan postes masuk kedalam kategori sedang. Dapat disimpulkan bahwa adanya peningkatan hasil belajar sesudah menggunakan booklet.
References
Departemen Pendidikan Nasional. (2006). Panduan umum pengembangan bahan ajar dari Depdiknas.
Satmoko, Harini. (2006). Pengaruh bahasa booklet pada peningkatan pengetahuan peternakan sapi perah tentang inseminasi buatan dikelurahan Nongkosawit,kecamatan Gungpati, Kota Semarang. Dalam jurnal penyuluhan
Sudjana, Nana. (2005). Media Pembelajaran. Bandung: Algesindo
Wardhani, I. (2012). Penelitian Tindakan Kelas. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Universitas Terbuka.
Rosyid, M. F., Budhi, R. H., Resmiyanto, r., & Prastya, S. D. (2008). Kajian Konsep Fisika 2 untuk kelas XI SMA dan MA. Solo: Tiga Serangkai Pustaka Mandiri.