Profil motivasi belajar dalam pembelajaran fisika siswa SMP

Qisthina Alifah Sharfina, Tantri Mayasari

Abstract


Motivasi dalam belajar merupakan daya penggerak yang berasal dari faktor internal maupun eksternal pada aktivitas belajar guna mengapai tujuan pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menganalisis profil motivasi belajar siswa kelas VIII SMP Negeri. Jenis penelitian ini memakai metode deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan angket dan wawancara. Subjek penelitian sebanyak 32 siswa kelas VIII dengan mengerjakan 8 butir pernyataan yang mewakili 6 indikator motivasi belajar milik Hamzah. Dari hasil analisis angket menunjukkan sebanyak 3% siswa memiliki motivasi belajar sangat tinggi, 28% memiliki motivasi belajar tinggi, dan 69% memiliki motivasi kurang tinggi, Hasil analisis angket tersebut berkaitan dengan penggunaan mediapembelajaran yang digunakan saat menyampaikan materi fisika.

Full Text:

PDF

References


Saputri, A., Febriani, Y., & Hatika, R. G. (2016). Efektivitas Penggunaan Media Komik Kartun Terhadap Hasil Belajar Fisika Siswa SMA Negeri 2. Jurnal Pendidikan , 2.

Bayharti, Bahrizal, Dewi, R. L., & Sandani, Y. (2015). Komik Kimia Pada Materi Perubahan Fisika dan Perubahan Kimia Sebagai Media Pembelajaran Untuk Siswa SMP. Jurnal Pendidikan , 385.

Sardiman. (2012). Interaksi & Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Dimyati, & Mujiono. (2010). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Pramadi, I. P., Suastra, I. W., & Candiasa, I. M. (2013). Pengaruh Penggunaan Komik Berorientasi Kearifan Lokal Bali Terhadap Motivasi Belajar dan Pemahaman Konsep Fisika. Jurnal Pendidikan ,

Riduwan. (2014). Dasar-Dasar Statistik. Bandung: Alvabeta.

Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter