Penerapan modul pembelajaran IPA terpadu dengan pendekatan saintifik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik pada materi cahaya

Kartika Dongalemba, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan upaya peningkatan keterampilan berpikir kreatif peserta didik melalui modul pembelajaran saintifik pada materi cahaya. Penelitian kuasi eksperimen ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Subjek penelitian adalah peserta didik SMP kelas VIII tahun pelajaran 2017-2018 suatu sekolah di Gorontalo yang ditentukan dengan teknik Cluster Random Sampling. Instrument yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kreatif, lembar observasi kegiatan peserta didik dan angket. Data dianalisis dengan menggunakan N-gain yang dinormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan modul pembelajaran IPA terpadu dengan pendekatan saintifik efektif meningkatkan kemampuan keterampilan berpikir kreatif (lancar, luwes, orsinil, dan terperinci) peserta didik dengan N-gain ternormalilasi 0,65 pada kriteria sedang; hasil pengamatan aktivitas peserta didik pada aspek 5M sebesar 85% (sangat baik); dan respon peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran saintifik sangat positif.

Full Text:

PDF

References


Nasution 2000Berbagai Pendekatan Dalam Proses Belajar dan Mengajar (Jakarta: Bina Aksara)

Sumarmo U 2010 Belajar dan Pembelajaran Matematika (Bandung: UPI)

E Carruthwers & M Worthingthon 2006 Childrens Mathematics: Marking marks, making Meaning.London: Paul Chapman Publishing 2

McGregor D 2007 Developing Thinking, Developing Learning. British Journal of Educational 55 466-468

Mifatahul Huda 2011 Cooperative Learning Metode, Teknik , Struktur, dan Penerapan (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pnedidikan; Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. (Bandung : Alfabeta)

Jumiati, Sari M. & Amelia 2011 Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Number Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan. Lectura 1 161-185

Purwanto. 2013. Evaluasi hasil belajar (Yogyakarta: Pustaka Pelajar)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter