Penerapan modul pembelajaran Predict-Observe-Explain pada materi fluida statis untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik

Putri Wahyuni Adjie, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan tentang upaya peningkatan hasil belajar kongnitif pada konsep Fluida Statis dengan menggunakan model pembelajaran Predict-Observe-Explain (POE). Penelitian menggunakan metode kuasi eksperimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari peserta didik kelas X SMA suatu sekolah di Kabupaten Gorontalo. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian, lembar pengamatan aktivitas peserta didik dalam menggunakan modul pembelajaran POE, dan angket untuk memperoleh respon peserta didik. Analisis data yang digunakan adalah N-gain ternormalisasi dan presentase. Hasil penelitian dengan uji gain mengungkapkan bahwa penerapan modul pembelajaran POE efektif meningkatkan hasil belajar kongnitif peserta, yakni nilai gain pertemuan pertama sebesar 0,66 (kriteria sedang), pertemuan kedua 0,76 (kriteria tinggi), dan pertemuan ketiga 0,73 (kriteria tinggi). Selain itu, rerata persentase hasil penilaian lembar pengamatan aktivitas peserta didik untuk pertemuan adalah 85% pada kategori sangat baik serta hasil angket menunjukkan respon positif peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran POE.

Full Text:

PDF

References


Lusiana, Y., & Lesmono, A. D. (2017). Implementasi Model POE (Predict, Observe, Explain) pada Pembelajaran Gerak Lurus di MAN. Jurnal Pembelajaran Fisika. 6(3), 272-277

Fathurohman, A. (2014). Analogi dalam Pembelajaran Fisika. Jurnal Inovasi dan Pembelajaran Fisika. 1(1), 74-77

Sari, A. T. W., & Alarifin, D. H. (2016). Pengembangan Modul Berbasis POE (Predict, Observe, Explain) Materi Usaha Dan Energi Ditinjau Dari Kemampuan Kongnitif. Jurnal Pendidikan Fisika, 4(2), 124–136.

Nilasari, E., Djatmika, E. T., & Santoso, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Modul Pembelajaran Kontekstual terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan, 1(7), 1399-1404

Widyaningrum, R., Sarwanto, & Puguh, K. (2013). Pengembangan Modul Berorientasi POE (Predict, Observe, Explain) Berwawasan Lingkungan Pada Materi Pencemaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Bioedukasi, 6(1), 100–117.

Sekarningrum, A. D., Sajidan, & Sarwanto. (2014). Pengembangan dan Implementasi Model Pembelajaran Predict, Planning, Observe, Explain, Write (P2OEW) pada Materi Pencemaran di SMA, 17(1), 13–26.

Sari, Kurnia Novita. (2014). Keefektifan Model Pembelajaran POE (Predict-Observe-Explain) terhadap Aktivitas dan Hasil Belajar IPA Materi Perubahan Sifat Benda pada Siswa kelas V SD Negeri Kejambon 4 Kota Tegal.

Jumianti, Sari, M., & Akmalia, D. (2011). Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Model Numbereds Heads Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei Putih Kampar. Lectura, 161 - 185

Zaeni, Aulia, J., Hidayah, Fatichatul, F. (2016). Analisis Keaktifan Siswa Melalui Penerapan Model Teams Games Tournament ( TGT ) pada Materi Termokimia Kelas XI IPA 5 di SMA N 15 Semarang. Seminar Nasionl Pendidikan, Sains dan Teknologi Universitas Muhammadiyah Semarang, 416-425

Setyandaru, T. A., Wahyuni, S., & Putra, P. D. A. (2017). Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Multirepresentasi pada Pembelajaran Fisika di SMA/MA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(3), 218–224.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter