Penerapan pembelajaran terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an pada konsep cahaya dan alat optik untuk meningkatkan hasil belajar dan wawasan keagamaan siswa

Arifin Rahmola, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian kuasi eksperimen ini memaparkan hasil belajar kognitif dan wawasan keagamaan siswa melalui penerapan pembelajaran kontekstual terintegrasi nilai-nilai Al-Qur’an pada konsep Cahaya dan alat optik. Penelitian ini menggunakan rancangan One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian dipilih dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dari peserta didik MTs kelas VIII sebanyak 30 siswa suatu sekolah di Gorontalo pada tahun pelajaran 2016-2017. Instrumen pengumpul data yang digunakan dalam penelitian adalah tes essay untuk mengukur hasil belajar, tes tertulis berbentuk pilihan ganda untuk mengukur wawasan keagamaan serta angket untuk mengetahui respon siswa terhadap bahan ajar . Analisis data menggunakan rerata N-gain ternormalisasi dan persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran konstektual terintegrasi dengan nilai-nilai Al-Qur’an efektif dalam meningkatkan hasil belajar pada konsep cahaya dan alat optik dengan nilai N-gain ternormalisasi 0,74 pada kriteria tinggi. Selain itu, persentase siswa terhadap peningkatan wawasan keagaman sebesar 80% baik; dan respon siswa sangat positif terhadap penerapan pembelajaran terintegrasi pesan-pesan Al-Qur’an.

Full Text:

PDF

References


Sa’ud US. 2008. Inovasi Pendidikan. VI. Dr.Riduwan, M.B.A MP, editor. BANDUNG: ALFABETA.

Munawar SAH Al. 2003. Aktualisasi nilai-nilai Qur’ani dalam sistem Pendidikan Islam. pertama. Kalsum U, editor. Jakarta: Ciputat Press.

Yusuf AM. 2014. Metode Penelitian (Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan). Pertama. Jakarta: Prenadamedia Group. 181-183 p.

Hastjarjo D. 2008. Ringkasan buku Cook & Campbell. (1979). Quasi- Experimentation: Design & Analysis Issues for Field Settings. Boston.

Ishak M. 2008. Menguak Rahasia Alam dengan Fisika seri 1. 1st ed. Kartanegara PDM dkk, editor. Tangeran: PT. Albama (Aliansi Belajar Mandiri). 83-103 p.

Hake RR. 1998. Interactive-engagement versus traditional methods: A six-thousand-student survey of mechanics test data for introductory physics courses. Am J Phys. 66:65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter