Pengembangan permainan Uno Staco sebagai media pembelajaran untuk meningkatkan kerja sama dan kemampuan berfikir kritis siswa pada materi kalor kelas XI TKR 1 SMKN 1 Jiwan

Dani Lestari, Purwandari Purwandari

Abstract


Penelitian ini dibuat untuk menilai produk permainan UNO Staco sebagai media Pembelajaran fisika serta Mengetahui respon siswa terhadap Kegiatan pembelajaran fisika pada materi kalor kelas XI TKR 1 SMKN 1 Jiwan. Media ini dikembangkan agar siswa dapat mudah memahami pembelajaran fisika khususnya materi kalor. Penelitian ini dibuat dengan menggunakan metode R & D. Produk yang dikembangkan berdasarkan penelitian awal yaitu media pembelajaran berbasis permainan UNO Staco yang berisi tentang kartu soal fisika materi kalor dengan mengajak siswa untuk lebih banyak mengerti pembelajaran fisika melalui permaian, hal ini dilakukan untuk mengetahui hasil penilaian proses belajar siswa. Diharapkan dengan menggunakan media pembelajaran berbasis permainan UNO Staco ini dapat meningkatkan kerja sama dan kemampuan berfikir kritis siswa dalam menyelesaikan persoalan Fisika dengan solusi yang tepat sasaran dan dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran berbasis permainan UNO Staco yang dibuat memenuhi kriteria sangat baik dan layak untuk digunakan dalam pembelajaran fisika.

Full Text:

PDF

References


Sanjaya, A. A. (2011). Model Pembelajaran Konvensional.

Nugroho, A. P., Raharjo, T., & Wahyuningsih, D. (2013). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika Menggunakan Permainan Ular Tangga Ditinjau Dari Motivasi Belajar Siswa Kelas Viii Materi Gaya. Jurnal Pendidikan Fisika 2013 Vol.1 No.1 halaman 11 , 8.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter