Pengembangan instrumen penilaian kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran fisika SMA

Suji Ardianti, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan instrumen penilaian kemampuan berfikir kritis pada pembelajaran fisika SMA pada materi listrik statis. Model yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian dan pengembangan (Research & Development) model ADDIE (Analysis, Design, Development or Production, Implementation or Delivery and Evaluations). Penelitian ini terdiri atas beberapa tahapan, diantaranya; tahap analisis, tahap perancangan, tahap pengembangan, dan tahap implementasi. Berdasarkan hasil validasi isi instrumen penilaian kemampuan berfikir kritis ditinjau dari tingkat validitas instrumen oleh ahli berkategori sangat valid dengan persentase 92%. Sedangkan tingkat validitas instrumen kedua guru fisika SMA berkategori sangat valid dengan persentase 80,75%. Instrumen tersebut mempunyai koefisen reliabilitas sebesar 0,5467 dengan kriteria relibialitas sedang. Hasil analisis tingkat kesukaran soal yang diujikan menunjukkan bahwa, berkategori mudah dan tingkat daya pembeda masih pada tingkatan perlu direvisi lebih lanjut.

Full Text:

PDF

References


Van de Walle, J. A. 2007. Elementary and Middle Schoolmathematics: Teaching Developmentally, Sixth Edition. United States of America: Pearson Education, Inc.

Mulyono, D.d. 2008. Pengukuran Dalam Bidang Pendidikan. Jakarta: Grasindo.

Higgins, S., Hall, E., Baumfield, V., & Moseley, D. 2007. Learning skills and the development of learning capabilities. Technical Report. In: Research Evidence in Education Library. London: EPPI-Centre, Social Science Research Unit, Institute of Education, University of London. (Online), (https://eppi.ioe.ac.uk), diakses 15 November 2017.

Rezeki, S dan Ishafit. 2017. Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbantuan Media Simulasi dengan Modellus untuk Pembelajaran Kinematika di Sekolah Menengah Atas: Prosiding Lontar Physics Forum IV 2017: ISBN 978-602-0960-62-3.

Hartono.2008. Statistik untuk penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Mulyatiningsih, E. (2011). Metode penelitian terapan bidang pendidikan. Bandung: Alfabeta

Surapranata, Sumarna. 2005. Analisis, Validitas, Reliabilitas dan Interpretasi Hasil Tes: Implementasi Kurikulum 2004. Bandung: PT Remaja Rosdakarya


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter