Penerapan modul pembelajaran REACT pada materi hukum newton tentang gerak

Elafitriani Hi. Ahman, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini memaparkan hasil penerapan modul pembelajaran fisika menggunakan model REACT pada materi Hukum Newton Tentang Gerak. Penelitian dilakukan secara kuasi eksperimen dengan rancangan onegroup pretes-posttes design. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling dari peserta didik SMA Negeri kelas X suatu sekolah di Gorontalo. Instrumen pengumpul data yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian, lembar observasi kegiatan peserta didik, dan angket respon peserta didik. Analisis data dilakukan dengan uji beda rerata gain ternormalisasi untuk mengetahui peningkatan hasil belajar peserta didik. Hasil penelitian mengungkapn bahwa penerapan modul pembelajaran fisika menggunakan model REACT efektif meningkatkan hasil belajar peserta didik. Persentase rerata aktivitas peserta didik untuk semua komponen yang diamati menunjukkan sangat baik (86%), sementara respon peserta didik terhadap penerapan modul pembelajaran model REACT menunjukkan sangat positif dengan persentase berkisar 94%.

Full Text:

PDF

References


Suharno 2014 Implementasi Pembelajaran Berbasi Kurikulum 2013 Pada Mata Pelajaran Biologi DI SMA, Humanity, vol. 10, no. 1, pp. 147–157

Satria H, Handika J 2015 Pembelajaran Fisika Menggunakan Modul Berbasis Scientific Approach Bermuatan Pendidikan Karakter Pada Materi Termodinamika, Pendidik. Fisika., vol. 6, no. 1, pp. 179–184

Abdullah dan Ramli 2012 Pembelajaran Berbasis Pemanfaatan Sumber Belajar, J. Ilm. Didakt., vol. 12, no. 2, pp. 216–231

Hamzah Y dan Heldy V A 2014 Perencanaan Pembelajaran Berbasis Kurikulum 2013. Yogyakarta: Deepublish

Majid A 2008 Perencanaan Pembelajaran (Pengembangan Standar Kompetensi Guru). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Durotulaila H.A, Masykuri M, dan Mulyadi B 2014 Pengaruh Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transfering) Dengan Metode Eksperimen Dan Penyelesaian Masalah Terhadap Prestasi Belajar Ditinjau Dari Kemampuan Analisis Siswa, Pendidik. Kim., vol. 3, no. 4, pp. 66–74

Ismaya S, Subiki, dan Harijanto A 2015 Penerapan Model Pembelajaran Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, And Transferring (REACT) Terhadap Motivasi Dan Hasil Belajar Dalam Pembelajaran Fisika Di SMA, Pendidik. Fis., vol. 4, no. 2, pp. 121–127, 2015.

Panigoro 2015 Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fluida Statis dengan Pendekatan Scientific, Tesis . Progr. Pascasarj. Univ. Negeri Gorontalo

Mursalin 2016 Penerapan Model Pembelajaran Saintifik untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Konsep Usaha dan Energi, Inpafi, vol. 4, no. 3, pp. 136–142

Sofia H.W, Sutarto, dan Harijanto A 2017 Penerapan Model Pembelajaran REACT (Relating, Experiencing, Applying, Cooperating, Transferring) Disertai Media Foto Kejadian Nyata Dalam Pembelajaran Fisika Di Sman 1 Pakusari, Pembelajaran Fis., vol. 6, no. 4, pp. 411–417


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter