Penerapan modul pembelajaran saintifik pada konsep alat-alat optik untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik

Dessyi Paputungan, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini mendeskripsikan tentang upaya peningkatan keterampilan berpikir kritis pada konsep alat-alat optik dengan menggunakan modul pembelajaran fisika berbasis pendekatan saintifik. Penelitian ini menggunakan metode kuasi experimen dengan rancangan One Group Pretest-Posttes Design. Sampel penelitian ditentukan dengan menggunakan teknik Cluster Random Sampling dari peserta didik MA kelas XI suatu sekolah di Kabupaten Gorontalo. Instrumen pengumpulan data yang digunakan adalah intrumen tes keterampilan berpikir kritis, lembar observasi kegiatan peserta didik, dan angket. Analisis data yang digunakan untuk mengukur keterampilan berpikir kritis peserta didik adalah rerata N-gain ternormalisasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas peserta didik dalam aspek 5M mendapat rata-rata persentase skor 83.70%, respon peserta didik dan respon guru sangat baik terhadap modul yang diterapkan. Penerapan modul dalam meningkatan keterampilan berpikir kritis peserta didik memperoleh rata-rata skor 0,6 dengan kriteria sedang. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa modul pembelajaran fisika berbasis scientific approach diterapkan dalam proses pembelajaran dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis peserta didik pada konsep alat optik di MA Negeri 1 Limboto.

Full Text:

PDF

References


Purwanto. 2007. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Maulana. 2008. Pendidikan Metakognitif sebagai Alternatif Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiwa PGSD. Jurnal Pendidikan Dasar, No. 10.

Amalia, Riski. 2013. Penerapan Model Pembelajaran Pembuktian Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Matematis Tingkat Tinggi Siswa SMA. Skripsi, Universitas Pendidikan Indonesia, Bandung.

Purwanto, dkk. 2007. Pengembangan Modul. Jakarta: Depdiknas Pustekom.

Ayriza, Yulia. 2008. Developing and Validating The Social Life Skill Module For Pre-School Educators. Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Nomor 2, Tahun XII, 2008

Daryanto. 2014. Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian dan Pengembangan. Bandung: Alfabeta.

Purwanto.2011.Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter