Profil analisis kebutuhan pengembangan media praktikum gerak lurus untuk meningkatkan keterampilan proses sains

Innal Mafudi, Jeffry Handhika

Abstract


Penelitian ini bertujan untuk memprofilkan analisis kebutuhan pengembangan media pratikum gerak lurus. Metode yang digunakan dalam penelitian ini deskriftif kualiatif dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara, dokumenasi dan tes ketrampilan proses sains. (1) kegiatan observasi yang dilakukan meliputi fasilitas media praktikum gerak lurus di SMKN 1 Wonoasri, (2) wawancara pada guru dan siswa, untuk mengetahui informasi penggunaan media praktikum dalam pembelajaran, (3) dokumen hasil ulangan harian, (4) tes ketrampilan proses sains. Hasil dari penelitian diperoleh (1) tidak ada media praktikum gerak lurus di SMKN 1 Wonoasri, (2) Media praktikum gerak lurus yang digunakan masih konvensional sehingga kurang efektif dan presisi, (3) Dilihat dari dokumen hasil ulangan harian gerak lurus menunjukkan bahwa rata-rata nilai hasil belajar siswa 66 yaitu masih dibawah KKM. (4) hasil tes ketrampilan proses sains meliputi keterampilan mengidentifikasi, berhipotesis, merancang percobaan, menyimpulkan dan mengkomunikasikan didapatkan nilai prosentase sebesar 43%. Dari analisis kebutuhan yang diperoleh perlu dikembangkan media praktikum gerak lurus berbasis mikrokontroller menggunakan arduino untuk meningkatkan ketrampilan proses sains.

Full Text:

PDF

References


Dimyati, & Moedjiono. (2002). Belajar dan Pembelajaran. jakarta: Rineka Cipta.

Rahayu, S., Akhsan, H., & Zulherman. (2014). Pengembangan Panduan Praktikum Perangkat Gelombang Mikro Pada Materi Gelombang Elektromagnetik Di Program Studi Pendidikan Fisika Fkip Unsri. Jurnal inovasi dan pembelajaran fisika , 1.

H, N. R., & Handhika, j. (2012). Penggunaan Media Pembelajaran Im3 Ditinjau Dari Kemampuan Berfikir Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Fisika , 32.

Their, M., & Davies, B. (2002). The New Science Literacy: Using Language Skill To Help Students Learn Science. Portsmounth. Portsmounth: Portsmounth.

Triyanto. (2010). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif Progresif. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Huriawati, f., & Yusro, A. C. (2016). Pengembangan Odd "Osilator Digital Detector" Sebagai Alat Peragapraktikum Gerak Harmonik Sederhana. Jurnal pendidikan dan inovasi , 2.

Sutopo. (2006). Metode Penelitian Kualitatif. Surakarta: UNS press.

Oktafiani, P., Subali, B., & Edie, S. S. (2017). Pengembangan Alat Peraga Kit Optik Serbaguna (AP-COS) untuk meningkatkan Ketrampilan Proses Sains. Jurnal Inovasi Pendidikan IPA


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter