Penerapan modul pembelajaran berbasis learning cycle 5E materi dinamika partikel untuk meningkatkan hasil belajar siswa
Abstract
Penelitian ini menunjukkan hasil penerapan modul pembelajaran fisika berbasis
Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Dinamika Partikel.
Penelitian dilakukan secara kuasi eksperimen dengan rancangan onegroup pretes-posttes
design. Sampel penelitian adalah peserta didik SMA Negeri kelas X suatu sekolah di Gorontalo
yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpul
data yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian dan angket respon peserta didik. Analisis
data dilakukan dengan uji beda rerata gain dan presentase. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa penerapan modul pembelajaran fisika berbasis Learning Cycle 5E efektif meningkatkan
hasil belajar peserta didik dengan N gain kategori tinggi. Respon peserta didik terhadap
penerapan modul pembelajaran ini positif.
Full Text:
PDFReferences
Situmorang, M. dan Sitorus, C.J, (2011), The Innovation of Demonstration Method to Increase
Student’s Achievement in the teaching of solubility Product, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan
(1): 1-7.
Jippes, E.; van Engelen, J.M. L.; Brand, P.L.P. dan Oudkerk, M., (2010), Competency- based
(CanMEDS) residency training programme in radiology: systematic design procedure,
curriculum and success factors, Eur Radiol. 20(4): 967-977.Soebagio, 2001. Penerapan Model
Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA. Tersedia pada
http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIME D-Undergraduate-22204- 5%20BAB%2011.pdf
Suastra, I Wayan, 2009. Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan siswa dengan lingkungan
alamiah dan sosial budaya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha
Soebagio, 2001. Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA.
Tersedia pada http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate-22204-
%20BAB%2011.pdf.
Catharina Tri Anni, 2004. Psikologi Belajar . Semarang: IKIP Semarang Press, 4.
Jumiati, S. M., & Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan
Model Numbereds Head Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei
Putih Kampar. Lecture,161-185
Taufiq, Muhamad. 2012. Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Konsep
Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA
Indonesia, (Online), http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii.pdf.
Refbacks
- There are currently no refbacks.
--oo0oo--
QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511