Penerapan modul pembelajaran berbasis learning cycle 5E materi dinamika partikel untuk meningkatkan hasil belajar siswa

Lukman Samatowa, Mursalin Mursalin

Abstract


Penelitian ini menunjukkan hasil penerapan modul pembelajaran fisika berbasis
Learning Cycle untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada materi Dinamika Partikel.
Penelitian dilakukan secara kuasi eksperimen dengan rancangan onegroup pretes-posttes
design. Sampel penelitian adalah peserta didik SMA Negeri kelas X suatu sekolah di Gorontalo
yang ditentukan dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Instrumen pengumpul
data yang digunakan adalah tes tertulis bentuk uraian dan angket respon peserta didik. Analisis
data dilakukan dengan uji beda rerata gain dan presentase. Hasil penelitian mengungkapkan
bahwa penerapan modul pembelajaran fisika berbasis Learning Cycle 5E efektif meningkatkan
hasil belajar peserta didik dengan N gain kategori tinggi. Respon peserta didik terhadap
penerapan modul pembelajaran ini positif.


Full Text:

PDF

References


Situmorang, M. dan Sitorus, C.J, (2011), The Innovation of Demonstration Method to Increase

Student’s Achievement in the teaching of solubility Product, Jurnal Penelitian Bidang Pendidikan

(1): 1-7.

Jippes, E.; van Engelen, J.M. L.; Brand, P.L.P. dan Oudkerk, M., (2010), Competency- based

(CanMEDS) residency training programme in radiology: systematic design procedure,

curriculum and success factors, Eur Radiol. 20(4): 967-977.Soebagio, 2001. Penerapan Model

Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA. Tersedia pada

http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIME D-Undergraduate-22204- 5%20BAB%2011.pdf

Suastra, I Wayan, 2009. Pembelajaran Sains Terkini: Mendekatkan siswa dengan lingkungan

alamiah dan sosial budaya. Singaraja: Universitas Pendidikan Ganesha

Soebagio, 2001. Penerapan Model Learning Cycle 5E Untuk Meningkatkan Pembelajaran IPA.

Tersedia pada http://digilib.unimed.ac.id/public/UNIMED-Undergraduate-22204-

%20BAB%2011.pdf.

Catharina Tri Anni, 2004. Psikologi Belajar . Semarang: IKIP Semarang Press, 4.

Jumiati, S. M., & Akmalia, D. 2011. Peningkatan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan

Model Numbereds Head Together (NHT) pada Materi Gerak Tumbuhan di Kelas VIII SMP Sei

Putih Kampar. Lecture,161-185

Taufiq, Muhamad. 2012. Remediasi Miskonsepsi Mahasiswa Calon Guru Fisika Pada Konsep

Gaya Melalui Penerapan Model Siklus Belajar (Learning Cycle) 5E. Jurnal Pendidikan IPA

Indonesia, (Online), http://journal.unnes.ac.id/index.php/jpii.pdf.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter