Profil kemampuan berpikir kritis siswa SMK pada Pelajaran Fisika

Prastyo Eko Cahyono, Tantri Mayasari

Abstract


Penelitian berikut adalah untuk 1) mengidentifikasi kemampuan berpikir kritis siswa SMK, dan 2) mengetahui profil kemampuan berpikir kritis siswa pada materi termodinamika kelas X IL 2 SMKN 1 Wonoasri. Sumber data penelitian menggunakan tes uraian dengan rubrik penilaian modifikasi dari Ennis (1995) yang memiliki lima indikator kemampuan berpikir kritis. Sampel sumber data terdiri dari 30 siswa kelas X IL 2 SMKN 1 Wonoasri. Pendekatan yang digunakan pada penelitian ini adalah deskriptif kualitatif serta teknik pengumpulan data berupa tes uraian dan dokumentasi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah 52 % siswa mampu dalam memberikan penjelasan lanjut, yang terdiri atas mengidentifikasi istilah - istilah dan definisi pertimbangan dan juga dimensi, serta mengidentifikasi asumsi yang diberikan dan 25 % siswa hanya mampu menentukan taktik dan langkah strategi yang tepat. Sedangkan, rata - rata persentase kemampuan berpikir kritis total siswa kelas X IL 2 hanya sebesar 34 % sehingga dapat dikategorikan bahwa kemampuan berpikir kritis siswa kelas X IL 2 terbilang Kurang Kritis.

Full Text:

PDF

References


UU No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

Zunanda, M., & Sinulingga, K. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Fisika , 63-70.

No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan

AT, T. A. (2015). Profil Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Cerita Fisika Materi Cahaya di SMPN 1 Wungu. Seminar Nasional 2015 , 26.

Trianggono, M. M. (2017). Analisis Kausalitas Pemahaman Konsep Dengan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pemecahan Masalah Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika dan Keilmuan (JPFK) , 1-12.

Kristianingrum, F., & Sumardi. (2014). Peningkatan Kemampuan Berfikir Kritis dan Hasil Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Problem Solving Dengan Pendekatan Scientific. Surakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Ennis, R. H. (1987). A Conception of Critical Thinking with some Curriculum Suggestion. APA Newsletter on Teaching Philosophy.

Nita, M. A. (2017). PENGARUH KECERDASAN EMOSIONAL. Artikel Skripsi Universitas Nusantara PGRI Kediri , 2-8.

Rusnadi, N. M., Parmiti, D. P., & Arini, N. W. (2013). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Hasil Belajar IPA. Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter