Pengembangan pembelajaran fisika berbasis fisika empat pilar pendidikan dengan metode Project Based Learning (PjBL) pada materi momentum dan impuls

Nur Zuniasih, Suparwoto Suparwoto, Ishafit Ishafit

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat pembelajaran fisika berbasis empat pilar pendidikan dengan metode Project Based Learning (PjBL). Mengungkapkan respon/tanggapan siswa respon siswa terhadap penerapan metode Project Based Learning yang berbasis empat pilar pendidikan. Penelitian ini merupakan penenlitian dan pengembangan (R&D) dengan model 4-D. Instrumen pengambilan data pada penelitian ini terdiri dari angket penilaian kelayakan perangkat pembelajaran yang berbasis empat pilar pendidikan dengan menggunakan metode Project Based Learning menggunakan kuisener dengan menggunakan kategori skala lima. Teknik analisis data kelayakan produk menggunakan kategori skala lima yang divalidasi oleh seorang ahli dan dua orang praktisi, sedangkan data respon peserta didik menggunakan wawancara secara langsung. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat pembelajaran dinyatakan layak, hal ini dibuktikan dari hasil CVI di atas 0,30 dan CVR di atas 0,70. Respon siswa dalam mengikuti pembelajaran menunjukkan kategori sangat baik.

Full Text:

PDF

References


Muslikah. (2010). Sukses Profesi Guru dengan Penelitian Tindakan Kelas. Yogyakarta: Interprebook

Dhert, S & Beelen, J. (2010). UNESCO for teacher Educators. PIEC Papers Leuven Education College

Depdiknas.2001.a Buku 1 Manajemen Peningkatan Mutu Pendidikan Berbasis Sekolah. Jakarta. Depdikbud

Davis,Barbara Gross.(1993). Tools for Teaching. San Fransisco (USA): Jossey Bass Publishers

Kunandar.(2015).Penilaian Autentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta : Rajawali Pers.

Maria Dominika Niron. (2009). Pengembangan Silabus dan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran dalam KTSP. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Abdul Majid. (2008). Perencanaan Pembelajaran (Mengembangkan Kompetensi Guru). Bandung : PT Remaja Rosdakarya Depdiknas.

Hendro Darmodjo & Jenny R. E Kaligis. (1992). Pendidikan IPA II. Jakarta: Dirjen Dikti

Sukardjo. (2006). Kumpulan Materi Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Pps-UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter