Peran pasar malam sekaten dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan berpikir kreatif siswa

Adetyas Ristiani, Sabarudin Syukur Pakro, Nurfitriyah Nurfitriyah, Diana Pertiwi

Abstract


Telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengkaji peran pasar malam sekaten dalam pembelajaran fisika untuk meningkatkan berfikir kreatif siswa SMA.Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian Research and Development (R&D). Model yang digunakan adalah model 4-D (four-D-model) yang dikemukakan oleh Thiagarajan yang terdiri dari 4 tahap pengembangan, yaitu pendefinisian (define), perencanaan (design), pengembangan (development) dan penyebaran (disseminate). Langkah-langkah dalam penelitian ini adalah analisis beberapa permainan di pasar malam sekaten dengan kesesuaian konsep fisika dan merancang pembelajaran fisika di pasar sekaten untuk meningkatkan berfikir kreatif siswa. Dengan demikian, hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa rancangan pembelajaran dengan memanfaatkan pasar malam sekaten diharapkan dapat meningkatkan berpikir kreatif siswa.

Full Text:

PDF

References


Davidson, G & C Mc Convilen. 1991. A Heritage Hand Book. St. Leonard NSW: Alen & Unwin.

Puger, G.P.H. 2002. Sekaten. Karaton Surakarta: Kapustakan Sono Pustoko Karaton Surakarta.

Johnson, E.B. 2009. Concextual Teaching and Learning. Ondon: sAge Publication Compeny.

Lilisari & Tanwil. 2013. Berpikir Kompleks dan Implementasinya dalam Pembelajaran IPA. Makasar: Badan Penerbit Universitas negeri Makasar.

Thiagarajan, Sivasailam, DS, Semmel Melvyn. 1974. Instruction Development for Training Teachers of Exceptional children. Minneapolis, Indian University.

Soeparmo. 1995. Fisika 1untuk SMA kelas X. Surakarta: Pabelan.

Aip, S., Dede, R.K., Adit, S. 2009. Praktis Belajar Fisika 1 untuk SMA Kelas 10. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Perbukuan Nasional.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter