Multi representasi momentum dan impuls untuk meningkatkan kognitif dan kemampuan pemecahan masalah siswa SMA

Anisa Solihah, Parlindungan Sinaga, Amsor Amsor

Abstract


Multi representasi merupakan suatu bentuk penyampaian konsep fisika dengan berbagai media, mulai dari deskripsi verbal, gambar, grafik, dan matematik. Multi representasi ini dapat membantu siswa dalam memahami konsep fisika dan memecahkan masalah fisika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana peningkatan kognitif, peningkatan kemampuan pemecahan masalah siswa, serta tanggapan siswa setelah dilaksanakannya pembelajaran fisika menggunakan multi representasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kuasi eksperimen, dan desain penelitiannya yaitu one group pretest and posttest design. Subjek penelitian yang digunakan berjumlah 34 orang siswa kelas XI IPA di salah satu SMA di kabupaten Bandung. Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes pilihan ganda untuk kemampuan kognitif dan tes uraian untuk kemampuan pemecahan masalah, serta angket tanggapan siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa untuk kognitif terjadi peningkatan dengan N-gain sebesar 0,64 yang termasuk kriteria sedang. Sedangkan untuk kemampuan pemecahan masalah siswa meningkat dengan N-gain sebesar 0,44 yang termasuk kriteria sedang. Tanggapan siswa terhadap pembelajaran fisika menggunakan multi representasi adalah positif.

Full Text:

PDF

References


Widyawati T, dkk. 2015, Effectiveness Of Learning Physics-Based Multi Representation To Train Students Representation Ability. [online] diakses dari http://jom.unri.ac.id/index.php/JOMFKIP/article/viewFile/6274/5974

Angell C. O, Guttersrud, and Henriksen, E K 2007. “Multiple Representations as aFramework for A Modelling Approach to Physics Education”. Department of Physics, University of Oslo, NORWAY, and Per Morten Kind, School of Education, Durham University, UK.

Suhandi A, & Wibowo F. C 2012. Pendekatan Multirepresentasi Dalam Pembelajaran Usaha-Energi Dan Dampak Terhadap Pemahaman Konsep Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia. 8. Hlm. 1-7

Sari A 2015. Pembelajaran Dengan Multirepresentasi Untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep dan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa SMA Pada Materi Hokum II Newton. [online] Diakses dari http://pasca.um.ac.id/tesis-pembelajaran-dengan-multi-representasi-untuk-meningkatkan-penguasaan-konsep-dan-kemampuan-pemecahan-masalah-siswa-sma-pada-materi-hukum-ii-newton/

Rosengrant, D., Eugenia, E., & Alan V.H. (2007). An Overview of recent Research on Multiple Representration. Diakes dari https://www.researchgate.net/profile/Eugenia_Etkina/publication/237623500_An_Overview_of_Recent_Research_on_Multiple_Representations/links/0deec53091dbcaf01e000000.pdf?origin=publication_detail

Utari R. (t.t). Taksonomi Bloom Apa dan Bagaimana Menggunakannya?. [online] diakses dari http://setiabudi.ac.id/web/images/files/Revisi-Taksonomi%20Bloom%20.pdf

Rosyid 2013, Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Menggunakan Model Orientasi Ipa (Pbl Dan Multi Representasi) Pada Konsep Mekanika Di Sma. 2(3), hlm. 1-12

Ainsworth S 1999. The Function of Multiple Representations. Computer and educations. Hlm. 1-16

Meltzer E. D 2005. Relation Between Students’ ProblemSolving Performance and Representational Format. American Journal Physics 73 (5)

Rosengrant D. R 2007a. Multiple Representations And Free Body Diagrams : Do Students Benefit From Using Them?. Dalam Desertasi Doctor Pada School Of Education Rutgers, The State University Of New Jersey

Waldrip B, dan Prain V 2006. ”An Exploratory Study of Teachers’ and Students’ Use of Multi-Modal Representations of Concepts in Primary Science”. International Journal of Science Education. 28, (15), (1843-1896)


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter