Strategi berpikir hipotetikal deduktif dalam pengembangan keterampilan berpikir kritis pada pembelajaran fisika

Nurmutmainna Ramadoan, Dwi Sulisworo

Abstract


Kemampuan berpikir hipotetikal deduktif adalah suatu pembelajaran yang berisi penjelasan tentang prinsip-prinsip isi pelajaran yang dijelaskan dalam bentuk penerapan hal-hal yang bersifat umum pada hal-hal yang bersifat khusus. Pada berpikir hipotetikal dedukif peserta didik dituntut lebih kritis dalam menerima dan memahami apa yang mereka pelajari dan alami sendiri. Berpikir kritis merupakan kompetensi yang akan dicapai serta alat yang diperlukan dalam mengkonstruksi pengetahuan yang terdapat dalam pembelajaran abad 21 yang berdampak pada hasil pembelajaran. Adapun tujuannya untuk mengetahui sejauh mana berpikir hipotetikal deduktif dalam pengembangannya berpikir kritis dalam pembelajaran fisika. Metode penelitian berupa analisis pengkajian kepustakaan dari berbagai Jurnal yang sudah diteliti, dari suatu teori, temuan serta acuan yang dijadikan landasan mengkaji dan medeskripsikan teori-teori dari Literature review methods yang berkenaan dengan apa yang sudah pernah dikerjakan olehn peneliti sebelumnya. Hasil dari mengkaji ini menunjukkan adanya kecenderungan pada keberhasilan penerapan strategi berfikir hipotetikal deduktif terhadap keterampilan berfikir kritis pada peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Strite Lawson, A.E. 2014. Allchin’s Shoehorn or Why Science Is Hypothetica- deductive. Science and Education 12 (2), 331-337.

Cavdar G, dan Doe Sue. 2014. Learning through Writing Teaching Critical Thinking Skills in Writing Assignments: Colorado State University.

Anam, K. Winarti dan Purwanto J. 2015. Evektivitas Pembelajaran Berbasis Metakognisis Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis dan Minat Belajar Fisika Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5 (1), 285- 294.

Rochim, Sudarisman S, dan Suparmi. 2014. Pembelajaran Biologi Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif dengan Media Rill dan Media Virtual ditinjau dari kemampuan Penalaran Analitis dan Gaya Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan 1 (2), 6-10.

Bachtiar, R. W. 2015. Kajian Kemampuan Penalaran Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika UNEJ. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Sains Pembelajaran dan Penilaian Sains sesuai Tuntutan Kurikulum 2013 1 (3), 8- 12.

Izhar. 2016. Mengidentifikasi Cara Berpikir Deduktif Dan Induktif Dalam Teks Bacaan Melalui Pengetahuan Konteks Dan Referensi Pragmatik. Jurnal Pesona 2 (1), 63- 73.

Suciati Ayu, Putu A, Gan S. 2014. Pengaruh Model Pembelajaran Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif dengan Setting 7E Terhadap Hasil Belajar IPA Ditinjau dari Sikap Ilmiah Siswa SMP. e- Journal Program Pascasarjana Universitas Pendidikan Ganesha 4 (2), 8 – 14.

Charles Kivunja. 2014. Century Skills Change pedagogjes A pedagoqical paradiqm shift from Vygotyskyian social Conctructivim to critical Thinking Problem soving and siemend digital Connectivm.

Dwyer C, Hogan M, and Stewart I. 2014. An Integrated Critical Thinking Frame Work For the 21 st Century. Thinking and Creativity 12(1), 43-52.

Mariam Ar.R. 2017. Inductive - Deductive Approach to improve Mathematical Problem Solving for Juniore High School. Journal of Physic 1(1), 1- 6.

Sudarma, Momon. 2013. Mengembangkan Keterampilan Berpikir Kreatif. Jakarta: Grafindo Persada.

Wiratna Sujarweni. 2014. Metodologi Penelitian. Yogjakarta: Pustaka Barupres.

Fadilah D, Abdul H dan Ahmad Y. 2015. Pengaruh Model Berpikir Siklus Belajar Hipotetikal deduktif terhadap Keterampilan berpikir kritis peserta didik kelas XII IPA SMA Negeri 4 Pinrang. Jurnal Sains dan pendidikan Fisika 11(1), 49-56.

Ariani S, Hartono Y, dan Hiltrimartin C .2017. Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Siswa pada Pembelajaran Matematika menggunakan Strategi Abduktif - Deduktif di SMA Negeri 1 Indralayu Utara. Jurnal Elemen Pendidikan Matematika 3(1), 16 – 20.

Wiratna Taufiq dan Ketang Wiyono. 2014. The Application Of Hypothetical Deductive learning Cycle Learning Model To Improve senior High School students’ science generic skills On rigid body Equilibrum. Journal International Seminar On Science Educcatio Departement of Phycis Education Sriwijaya University 14 (1), 641- 648.

Wiratna Diah, P.S. 2016. Berpikir Matematis dengan Metode Induktif, Deduktif, Analogi Integratif dan Abstrak. Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika 5 (1), 29-31.

Wahdatun, Suyatno, Muslimin I. 2014. Imprementasi Model Siklus Belajar Hipotetikal Deduktif Untuk Meningkatkan Penguasaan konsep dan keterampilan Berpikir Kreatif Siswa SMA materi Pokok Larutan Penyangga. Jurnal Kimia FMIPA Universitas Negeri Surabaya 3(2), 126-133.

Jeniffer S.R, Bretel B, Dolipas, Brendo B, Vildamor. 2013. Higher Order Thinking Skills And Academic Performance In Physics of College Students A Regression Analysis. International Journal Of Innovative Interdisciplinary Research 4 (1), 48-60.

Puspita et. 2017. Analysis of Critical Thinking Skillsa on The Topic of Static Fluid. Journal of physics.Conference Series Journal of Physics 1(1), 1- 4.

Kondakci, E.U dan Aydin, Y.C. 2013. Predicting Critical Thinking Skills of University Students Through Metacognitive Self- Regulation Skills and Chemistry Self- Efficacy. Educational Sciences: Theory dan Practice 13 (1) 77- 88.

Ermayanti dan Sulisworo. 2016. Tingkat Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik setelah Penerapan Model Pembelajaran Student Team Achievement Divisions (STAD) pada Siswa Sekolah Menengah Atas (SMA). Prosiding Seminar Quantum (hlm.175-181). Universitas Ahmad Dahlan.

Emmannel U, Lily C, Esther A, Fortress F, Ayinuda. 2017. The Role of GSP in Devoloping critical Thinking Skills In Students in Nigerian Universities International. Jurnal Of Educational investigation 4 (4), 19-31.

Ismayati, Q.D dan Ishafit. 2016. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dan kreatif Siswa kelas X SMK Ma’arif NU 1 Ajibarang Materi Perubahan Wujud Zat dengan Pengembangan modul pembelajaran Fisika Menggunakan pendekatan Lingkungan. Prosiding SPFA (hlm 51-55) Universitas Ahmad Dahlan.

Daud F dan Hafsari, I. H. 2015. Sumbangan Keterampilan Berpikir Kritis dan Kesadaran Metakognitif pada Belajar Siswa Mengajar Biologi di SMA. Jurnal Modern Sains 9(12),143-153.

Teqja Zydi, Samuel F, Dennis Jr. 2016. Creative Thinking, Critical Thinking and System ic Thinking-key Instruments To Deeply Transform The Higher Education System IN Albania: The Case of Landscape Archicture. Journal of International Scientific Pubblications 14 (5), 543-55.

Sodikin A. 2014. Strategi Deduktif pada pembelajaran Matematika dalam peningkatan kemapuan penalaran kritis Siswa SMA. Jurnal Pendidikan dan pengajaran l (2), 103-116.

Dyner Rizki P, Lia Y, dan Sentot K. 2014. Keterkaitan Antara Pola Keterampilan Berpikir dengan bawah Penguasaan Konsep Siswa pada Pembelajaran Strategi Metakognisi Berbantuan Thinking Map. Indonesia journal of Applied Physics 4 (2), 142-143.

Putra Gede A. 2014. Keterampilan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa Pada Model Siklus Belajar Hipotetis Deduktif. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran 5 (3), 201- 209.

Rahayuni Galuh. 2016. Hubungan Keterampilan Berpikir Kritis Dan Literasi Sains Pada Pembelajaran IPA Terpadu dengan Model PBM dan STM. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran IPA 2 (2).131-146.

Rahayu Hafitriani dan Joko Purwanto. 2015. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PJBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa. Prosiding Seminar Nasional Sains dan Pendidikan Sains 5(1), 166-170.

Yen, T.S dan Halili. 2015. Effective Teaching Higher Orde Thinking (HOT) in Education. The Online Journal of Distance Educationand E-Learning 3(2),41-47.

Fatiah, A. 2014. Hubungan Pemahaman Konsep Dengan Keterampilan Berpikir kritis melalui Model pembelajaran Treffinger pada Mata Kuliah Fisika Dasar. Edusains, 6(1), 88-89.

Nevy N. H, Wiyanto dan Achmad S. 2017. Analisis Kemampuan berpikir deduksi hipotesis terhadap pemahaman konsep rangkaian resistor pada listrik arus searah. Physics communication 1(1), 35 – 42.

Saepuzaman Duden dan Yustiadi. 2015. Profil Keterampilan Berpikir Kritis Siswa SMA Pada Materi Rangkaian Listrik Arus Searah. Prosiding Seminar Quantum (hlm. 56-58). Universitas Ahmad Dahlan.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter