Penerapan pembelajaran fisika menggunakan pendekatan STEM untuk meningkatkan kemampuan memecahkan masalah siswa pada materi listrik dinamis

Mellya Dewi, Ida Kaniawati, Irma Rahma Suwarma

Abstract


Di abad 21 ini pendidikan dituntut mampu mempersiapkan siswa untuk bisa berkembang dengan berbagai kemampuan dan keterampilan. Kemampuan memecahkan masalah merupakan salah satu aspek yang peranannya penting sebagai bekal siswa menghadapi tantangan era sekarang. Namun, hasil dari beberapa penelitian menunjukkan bahwa kemampuan pemecahan masalah siswa masih cukup rendah. Maka pembelajaran dengan menerapkan pendekatan STEM diharapkan mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian kuantitatif dengan bentuk desain penelitian One Group Pretest-Posttest Design. Sampel penelitian sebanyak 44 siswa SMA pada salah satu sekolah yang ada di kabupaten Bandung. Instrumen penelitian berupa perangkat tes keterampilan pemecahan masalah dalam bentuk soal essay. Indikator soal meliputi 5 tahap keterampilan yaitu; memfokuskan masalah, mendeskripsikan ke dalam konsep fisika, merancang solusi, merealisasikan solusi, dan mengevaluasi hasil jawaban. Hasil tes dianalisis dengan menggunakan N-Gain untuk mengetahui peningkatan kemampuan memecahkan siswa. Berdasarkan hasil implementasi pendekatan STEM dapat diketahui bahwa pembelajaran dengan pendekatan STEM mampu meningkatkan kemampuan pemecahan masalah.

Full Text:

PDF

References


Al-Tabany, T.I.B. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif, Dan Kontekstual.

Jakarta: Prenadamedia Group

Hardjito, Dydiet. (1994). Perencanaan dengan Pendekatan PIP (Performance Improvement

Palnning) dan Pemecahan Masalah. Jakarta: Ghalia Indonesia

Heller & Heller. Cooperative Problem Solving in Physics A User's Manual. University of

Minnesota : The National Science Foundation

Rahma, Irma S dkk. (2015). Ballon Powered Car Sebagai Media Pembelajaran IPA Berbasis

STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics). Bandung: SNIPS 2015

Sugiyono.(2014). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Sumarsono, Joko. 2010. Fisika Untuk SMA/MA Kelas X. Jakarta : Pusat Perbukuan

Tipler, P.A.1998. Fisika Untuk Sains dan Teknik Jilid I (Terjemahan). Jakarta : Erlangga

Widodo, TRI. 2009. Fisika : untuk SMA dan MA Kelas XI. Jakarta : Pusat Perbukuan,

Departemen Pendidikan Nasional

Yulianawati, Dewi. 2016. Penerapan Pendekatan Metakognitif dalam Upaya Meningkatkan

Kemampuan Pemecahan Masalah Fisika Siswa SMA, Bandung: FPMIPA UPI


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter