Penerapan model Problem Based Learning pada pembelajaran fisika untuk meningkatkan kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan siswa Kelas X Listrik SMK Gamaliel 1 Madiun

Eka Oktavia Prawidya Kusuma Wardani, Purwandari Purwandari

Abstract


Kemampuan berpikir kreatif adalah pemikiran seseorang untuk mengatasi (menyelesaikan) suatu masalah. Peserta didik yang memiliki kemampuan berpikir kreatif yang rendah dapat menyebabkan kesulitan dalam penyelesaian sebuah masalah yang dihadapi saat proses pembelajaran dilakukan. Melalui pembelajaran fisika, peserta didik dapat mengembangkan kemampuan berpikir mereka, terutama pada kemampuan berpikir kreatif. Setelah melakukan observasi di SMK Gamaliel 1 Madiun terlihat bahwa guru masih lebih mendominasi dalam proses pembelajaran. Penelitian ini termasuk ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dengan menggunakan dua siklus. Penelitian dilaksanakan pada kelas X Listrik yang berjumlah 29 siswa. Pengumpulan data penelitian ini dengan tes uraian untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif peserta dan lembar observasi untuk mengetahui keaktifan peserta didik. Pada penelitian ini, terjadi peningkatan yang cukup baik pada kemampuan berpikir kreatif dan keaktifan peserta didik.

Full Text:

PDF

References


Costa, A. L. (1985). Developing Mind. Jakarta: Balai Pustaka.

Munandar, U. (2009). Pengembangan Bakat Kreativitas Sekolah. Jakarta: Rineka Cipata.

Munandar, U. (1987). Mengembangkan Bakat dan Kreativitas Anak Sekolah. Jakarta: Gramedia.

Arikunto, & Suharsimi. (2009). Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran (edisi revisi). Jakarta: PT

Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter