Analisis perubahan tipe pemahaman konsep momentum dan impuls melalui pembelajaran conceptual problem solving

Ina Risnawati, Winny Liliawati, Agus Danawan

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk membandingkan tipe pemahaman konsep siswa SMA tentang konsep momentum dan impuls sebelum dan sesudah pembelajaran menggunakan Conceptual Problem Solving (CPS) yang dipadukan dengan model penemuan. Pembelajaran diawali dengan memfasilitasi siswa untuk menemukan konsep momentum dan impuls melalui pengamatan dan diskusi, dilanjutkan dengan melatih siswa menggunakan konsep dan prinsip fisika yang telah dibangun untuk memecahkan masalah. Partisipan dalam penelitian ini, berjumlah 33 siswa SMA Kelas X di salah satu SMA di Kota Bandung. Instrumen pemahaman konsep menggunakan soal uraian terbuka yang terdiri dari 4 soal, pertanyaan nomor 1 dan 2 merupakan konsep momentum, pertanyaan 3 dan 4 merupakan konsep impuls. Tipe pemahaman konsep meliputi empat kategori yang dibuat untuk menganalisis jawaban siswa yaitu scientific (Sc), scientific with alternative fragment (ScwAF), alternative (Al), dan no conceptual understanding (NCU). Perubahan tipe pemahaman konsep sebelum dan setelah pembelajaran mengalami perubahan ke arah positif dengan persentase sebesar 62,40%, perubahan ke arah negetif dengan persentase 4,27%, dan tidak ada perubahan dengan persentase 33,33%.

Full Text:

PDF

References


Sarıoğlan, Ayberk Bostan dan, Hüseyin Küçüközer. 2014. Comparison of High School Students’ Ideas about Momentum and Impulse Conceptions Before and After Instruction. Pocedia-Social and Behavioral Sciences (116) 3771 – 3775

Lawson, R.A., & McDermott, L.C. 1987. Student understanding of the work energy and impulse-momentum theorems. American Journal of Physics, LV(9): 811-817

Bryce, T.G.K. & MacMillan, K., 2009. Momentum and Kinetic Energy: Confusable Concepts in Secondary School Physics. Journal of Research in Science Teaching Vol. 46, No.7, PP.739-761

Cahyati, Cucu. 2014. Penerapan Model Pembelajaran Problem Solving Unntuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Mengetahui Profil Metakognisi Siswa Pada Materi Energi. (Skripsi). Universitas Pendidikan Indonesia. Bandung

Docktor, J. L., Strand, N. E., Mestre, J. P., & Ross, B. H. 2015. Conceptual Problem Solving in High School Physics. Physical Review Special Topics-Physics Education Research, XII(2): 1-13

Saifullah, Anisa Matinu, Sutopo, & Hari Wisodo. 2016. Conceptual Problem Solving (CPS) untuk Meningkatkn Penguasaan Konsep Fisika Siswa SMA pada Materi Momenum Impuls. Pros. Semnas Pendidikan IPA Pascasaarjana UM (1) 70-80


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


--oo0oo--

QUANTUM, Seminar Nasional Fisika dan Pendidikan Fisika is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial 4.0 International License. Copyright © Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta (UAD). All right reserved. ISSN: 2477-1511

Kunjungan Web
Analytics Made Easy - StatCounter